Berikut Ini Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam DiriMeningkatkan Motivasi Belajar. Pernah suatu saat mungkin Anda tidak ingin melakukan apapun, hanya duduk atau tidur di tempat yang sangat nyaman. Mungkin juga, Anda ingin menghabiskan waktu dengan berlibur ke suatu tempat yang baru dan menyenangkan.

Hal tersebut biasanya terjadi karena Anda sedang merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, aktivitas yang membuat Anda tidak bisa melakukan apa yang Anda senangi.

Aktivitas yang seringkali membuat bosan mungkin salah satunya adalah belajar. Proses belajar tersebut biasanya akan membuat Anda bosan karena tidak ada aktivitas yang cukup menarik di sana.

Proses belajar juga akan menyita banyak waktu yang Anda miliki, belum lagi jika Anda belajar dengan keadaan terpaksa. Pikiran Anda tentu tidak akan bisa terfokus dan belajar secara maksimal bukan? Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengubah kebiasaan belajar yang membosankan:

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

  1. Belajar Apapun

 

Terkadang kita selalu memaksakan diri untuk menyukai sesuatu yang belum tentu cocok dengan apa yang kita senangi. Kita memaksa pikiran kita untuk mempelajari hal yang tidak menarik dan pada akhirnya akan membuat pikiran kita lelah dan tubuh menjadi malas. Lalu, bagaimana sebaiknya? Mari ubah mindset Anda bahwa Anda memiliki kesempatan untuk belajar apapun yang Anda suka dan Anda minati.

Jangan memaksa diri Anda untuk menyukai suatu hal yang tidak Anda suka. Biarkan diri Anda memilih suatu hal yang ingin Anda pelajari dengan lebih terbuka dan tidak menuntut Anda berpikir terlalu keras.

  1. Belajar dengan Orang yang Tepat

 

Setelah Anda tahu apa yang akan Anda pelajari, cobalah untuk mencari teman-teman atau orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Tentu akan lebih bagus jika Anda dapat bertemu dengan orang-orang yang lebih ahli di bidangnya.

Belajarlah dengan mereka agar Anda selalu memiliki pengalaman atau membagi masalah yang Anda temukan dan dapat memecahkannya bersama-sama.

  1. Belajar Lewat Apapun

 

Berhentilah mengurung pikiran Anda dengan bahwa belajar harus di dalam rumah dan membaca buku-buku terkait. Hal tersebut akan membuat diri Anda cepat bosan dan membuat pikiran Anda jenuh. Cobalah pergi ke workshop atau pelatihan, Anda juga dapat belajar dengan cara tukar pikiran secara langsung atau mungkin dengan membuat blog dan membuka ruang diskusi dengan banyak orang. Belajar tidak selalu harus sendiri namun Anda bisa melibatkan banyak orang, menggunakan media apapun dan dalam bentuk apapun.

Hakikat dari seorang manusia adalah terlahir sebagai manusia pembelajar, alam semesta mengharuskan Anda untuk terus menggali apa yang ada di bumi untuk dapat dimanfaatkan bersama secara bertanggung jawab. Jangan pernah lelah untuk selalu belajar dan mencari hal terbaik dalam hidup Anda, sebab Tuhan membenci insanNya yang malas bukan? Selamat belajar!

Tri Indarti