Tips Menghadapi Nilai Jelek

Tips Menghadapi Nilai Jelek. Nilai yang baik tentu merupakan dambaan bagi siapa saja terlebih bagi para siswa dan juga mahasiswa. Apapun akan di lakukan untuk mendapatkan nilai baik. Cara-cara yang hallal hingga haram pun kerap kali di lakukan. Tak peduli siang dan malam, bahkan mereka pergi les kesana kemari hingga otak mengalami overload pun dilakukan. Itu semua demi mendapatkan angka tinggi di atas keratas.

Namun apa jadinya jika ternyata les yang telah di jalani tersebut tak membuahkan hasil yang diharapkan. Nilai yang didapatkan ternyata berangka keci di atas kertas. Ya nilai yang didaptkan tersebut bernilai jelek. Duh tentu akan sangat menyebalkan bukan? Namun tenang sob, jika begitu maka anda dapat melakukan hal-hal berikut ini sebagai tips menghadapi nilai jelek.

Tips Menghadapi Nilai Jelek

  1. Jangan Panik

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Ketika anda mendapatkan nilai jelek, usahakan untuk pertamakali adalah dengan tidak panik. Bersikaplah tenang terlebih dahulu, tarik nafas dalam-dala dan hembuskan secara perlahan untuk meredakan emosi yang tiba-tiba saja menigkat. Yakinlah bahwa semua orang pasti pernah melakukan sebua kesalahan dan itu merupakan hal yang wajar saja terjadi. Jadi saat hasil ujianmu jelek, jangan panic terlebih lagi stress.

  1. Perbaikan Nilai

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Setelah anda mencoba untuk menenangan diri dengan tidak panik, maka anda pun dapat melangkah pada fase kedua, yaitu perbaikan nilai. Perbaikan nilai tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara, diantaranya mengkonfirmasikannya ke dosen maupun guru yang bersangkutan. Ketika hal tersebut memang tak bisa, maka anda dapat melakukannya dengan cara ke dua. Biasanya pengajar akan memberikan sebuah perbaikan nilai yang nilainya kurang. Manfaatkan kesempatan ini untuk menaikkan nilaimu sampai pada standar nilai minimum (KKM).

  1. Konsultasi Dengan Pengajar

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Setelah anda melakukan tersebut, saatnya untuk merancang cara kedepan guna mengantisipasi hal yang sama terjadi di kemudian hari. Kamu tentu bertanya kepada pengajar apa yang menyebabkan hasil ujianmu jatuh. Pengajar yang baik akan dengan senang hati memberikn saran apa yang sebaiknya anda lakukan. Dengan berkonsultasi pun anda dapat mengetahui kekurangan yang ada pada diri anda.

  1. Konsultasi Dengan Teman

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Setelah anda berkonsultasi dengan guru atau dosenn pengajar, maka cobalah melakukan shareing session dengan teman anda. Tanyalah kepada temanmu yang memiliki nilai lebih bagus dari anda. Tanyakan metode gaya belajar bersama dengannya atau memintanya untuk mengajarimu. Selain anda dapat belajar dengannya, anda pun berkesempatan untuk menjalin hubungan kekeluargaan dengan teman anda.

  1. Belajar Lebih Efektif

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Belajarlah lebih efektif, hal tersebut dapat terjadi karena mungkin saja masalahnya ada pada metode gaya belajar anda. Carilah cara belajar yang lebih efektif untuk diri sendiri. Belajar secara efektif bukan berarti anda belajar dengan waktu yang lebih lama daripada sebelumnya. Namun belajar efektif merupakan gaya belajar yang memang sesuai dengan kemampuan dan minat anda.

 6. Mulailah Mencatat

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Mulalilah dengan hal-hal kecil untuk memperbaiki nilai yang jelek saat ini, agar kedepannya anda mampu untuk mendapatkan nilai yang lebih baik. Catatlah hal-hal penting saat kamu mempelajari suatu materi. Menurut beberapa penelitian, dengan menulis maka anda dapat meningkatkan ingatan lebih baik daripada sekedar membaca.

  1. Berlatih Soal

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Berlatih soal yang belum anda pahami. Dengan berlatih soal, maka anda akan ampu membiasakan diri untuk menghadapi soal-soal. Cobalah untuk mengerjakan soal-soal latihan dimlai dengan yang sederhana terlebih dahulu namun masih dalam satu materi yang belum anda pahami. Kamu pun dapat mendapatkan soal latihan dengan cara membeli di toko buku atau mencari referensi di internet.

  1. Memahami Materi

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Cobalah untuk lebih memahami materi yang telah di pelajari selama ini. Bisa jadi sebenarnya selama ini anda hanya mencoba untuk menghapalkan materi saja tanpa adanya mempraktekkan dan memaknainya. Jika anda paham, maka akan lebih mudah untuk menguasai materi pada akhirnya nanti.

  1. Hindari SKS

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Menghindari untuk belajar sks sangat penting untuk di lakukan. Seperti diketahui bahwa sks (sistem kebut semalam) ini justru membuat kita bergadang. Dan telah diketahui bahwa keseringan bergadang dapat membawa dampak dan efek tidak baik bagi tubuh. Sistem sks justru sangat tidak efektif, serta hanya membuatmu lelah dan cepat lupa. Pada akhirnya anda pun tak dapat menjalani ujian secara maksimal.

  1. Jangan Lupa Istirahat

Tips Menghadapi Nilai Jelek

Jangan melupakan kegiatan satu ini yaitu istirahat. Terlebih istirahat siang. Meskipun kamu sangat antusias untuk belajar, namun janganlah lupa beristirahat pada waktunya. Ini pun akan dapat menjaga badanmu tetap sehat dan fit hingga saat nanti menghadapi ujian lanjutan.

Itulah beberapa hal yang dapat di pahami seputar tips menghadapi nilai jelek. Semoga apa yang ada pada artikel ini mampu menjadi penambah wawasan dan pelajaran pemuda di seluruh Indonesia. By: Muhamad Fadhol Tamimy