Tips Mengatasi Stres Pada RemajaSebelum membahas tentang Tips Mengatasi Stres Pada Remaja, berikut sedikit definisi tentang stres. Stres ialah dimana keadaan rohani seseorang merasa terancam, gelisah, takut bahkan tertekan oleh suatu hal yang mengancam dirinya sehingga harus melakukan sesuatu hal yang dirasa dapat menghilangkan stres itu sendiri. Maka tidak heran jika sampai ada yang melakukan hal negatif seperti melukai diri, melukai orang lain, bahkan hingga melakukan bunuh diri karena ia merasa sudah tidak mampu untuk menompang suatu hal yang membebaninya.

Namun tidak semua orang yang mengalami stres melakukan hal negatif, justru sebaliknya mengambil sisi positif dari sebuah permasalahan yang membuatnya hingga merasa stres seperti untuk memicu perubahan diri untuk lebih baik lagi dari sebelumnya.

Stres saat ini sedang marak menggandrungi para remaja pada akhir zaman, mereka memperbesar masalah yang sepele sehingga membuat rasa emosionalnya tidak terkontrol sehingga berakibat depresi maupun frustasi. Berikut ini adalah beberapa Tips Mengatasi Stres Pada Remaja.

  1. Menyisihkan Waktu

Usahakan setiap harinya untuk menyisihkan waktu, agar tubuh dan pikiran bisa menuangkan hal yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Move on

Lupakan segala hal yang sudah berlalu, rasa penyesalan, rasa bersalah, atau suatu hal yang menggagu pikiran yang dapat mengganggu aktivitas bahkan mengganggu pekerjaan.

  1. Hilangkan Perasaan Buruk

Menghilangkan perasaan buruk seperti rasa iri, dengki maupun yang lainnya. Karena itu semua dapat mempengaruhi diri menjadi stres berkelanjutan.

  1. Sharing atau Berbagi

Sharing dengan keluarga, sahabat, ataupun teman. Karena dengan begitu pikiran akan merasa lebih tenang dan bahkan dengan sharing bisa mendapatkan masukan-masukan atau motivasi.

  1. Hindari Hasutan Negatif

Andai kata ada seseorang yang mengatakan suatu hal yang tidak benar atau memaksa untuk melakukan hal yang tidak benar usahakan untuk berani menolak. Karena akan membuat hati dan pikiran semakin berantakan.

  1. Jangan Berkendara

Apabila keadaan hati dan pikiran sedang stres sebaiknya hindari untu berkendara. Karena berkendara dengan hati dan pikiran yang tidak tenang akan mengakibatkan hal buruk.

  1. Jadilah Diri Sendiri

Apapun yang terjadi tetaplah menjadi diri sendiri, karena apabila bergantung kepada orang lain akan seterusnya mengandalkan orang lain. Bahkan belum tentu orang yang kita andalkan itu benar.

  1. Positif Thinking

Yakinkan pada hati dan pikiran bahwa bisa melalui persoalan yang berat dan yakinlah bahwa Allah bersama dengan orang yang mulia.

  1. Hindari Berprasangka Tidak Baik

Sebisa mungkin disaat stres hindari berinteaksi dengan siapapun yang memancing emosi karena dapat menyebabkan hati berprasangka tidak baik.

  1. Berhati-hati dalam Mengambil Keputusan

Disaat hati dan pikiran tidak tenang terkadang seseorang menyimpulkan sesuatu dengan tidak memikirkan kembali, sehingga mengakibatkan lebih runyam permasalahan.

Disaat remaja mengalami perasaan stres, mereka butuh masukan dan pengawasan dari orang tua maupun kerabat dekat. Karena remaja adalah fase dimana masih belum siap untuk menompang beban besar yang belum seharusnya dialami.

 

By: Nurus Syarifatul Ngaeni