Tips Menenangkan Pikiran Yang Praktis dan Mudah DilakukanBagi anda yang sering mengalami masalah, maka anda membutuhkan tips menenangkan pikiran yang praktis dan juga mudah dilakukan dimanapun. Menenangkan pikiran adalah salah satu cara ampuh supaya anda bisa terhindar dari munculnya stress dan juga berujung pada munculnya gejala depresi.

Terkadang, pikiran-pikiran buruk dapat muncul begitu saja, atau terkadang juga pikiran anda menjadi sangat kacau dan juga tidak mampu berpikir dengan baik ketika anda sedang mengalami masalah, seperti misalnya beban kerja, adanya masalah dengan pasangan, macet di jalan, dan sebagainya. Pada saat ini terjadi, apabila anda tidak mampu menenangkan pikiran dengan baik, maka anda bisa merasa stress, dan dikuasai oleh emosi negatif, seperti marah dan kesal.

Tips Menenangkan Pikiran

Nah, lalu bagaimana tips menenangkan pikiran yang praktis dan mudah dilakukan? Apa yang harus dilakukan untuk menenangkan pikiran ketika berada di dalam situasi yang sangat ruwet dan juga sulit? Berikut ini adalah beberapa tips menangkan pikiran dan juga hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk menenangkan pikiran anda :

  1. Pejamkan mata sejenak, bayangkan situasi yang membuat anda menjadi nyaman

Hal pertama dan sederhana yang bisa anda coba untuk menenangkan pikiran anda adalah mencoba untuk menutup mata dan membayangkan situasi yang anda sukai dan membuat anda menjadi sangat nyaman. Misalnya anda sedang stress dengan pekerjaan anda yang menumpuk, maka anda bisa “kabur” sejenak dan membayangkan situasi yang membuat anda nyaman. Bayangkan keluarga anda, atau bayangkan lokasi yang membuat anda merasa sangat rileks dan nyaman, seperti pantai, gunung, dan sebagainya

  1. Menarik nafas dalam dan menghembuskannya

Tips menenangkan pikiran yang praktis berikutnya yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah menarik nafas dalam dari hidung, dan mengeluarkannya dari mulut secara perlahan. Teknik ini dikenal juga dengan istilah deep breathing relaxation, atau teknik pernapasan dalam. Dengan mengaplikasikan teknik ini, anda bisa merasa lebih tenang dan juga rileks di dalam situasi yang menjadi beban untuk anda.

  1. Mendengarkan lagu

Tips menenangkan pikiran berikutnya yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah mendengarkan lagu. Ya, lagu kesukaan anda, ataupun jenis lagu apapun yang menenangkan bisa menjadi salah satu cara menenangkan pikiran secara singkat, praktis dan juga mudah dilakukan. Musik bisa menjadi salah satu bentuk terapi instan yang membantu merubah mood, mempengaruhi emosi, dan tentu saja menenangkan pikiran anda.

  1. “kabur” dari rutinitas sejenak

Anda merasa lelah dengan beban kerja yang begitu berat, atau mungkin anda sudah pusing dengan masalah yang anda hadapi? Maka “kabur” bisa menjadi pilihan cara menenangkan pikiran yang mudah dan praktis. Misalnya saja anda sedang memiliki beban kerja yang berat, maka anda bisa keluar dari meja kerja anda sejenak, dan pergi ke lokasi di kantor yang sepi dan nyaman sementara waktu.

Ke-empat tips menenangkan pikiran ini merupakan tips yang bisa anda lakukan secara singkat, dan juga instant. Jadi, ketika anda mengalami suatu masalah, anda bisa mencoba melakukan tips menenangkan pikiran tersebut, paling tidak supaya anda merasa lebih rileks dan juga nyaman, serta pikiran anda tidak kacau akibat masalah yang anda alami. Psikologi Mania