Tips Memilih Lowongan Kerja Yang Efektif dan AmpuhBagi anda yang sedang mencari pekerjaan baru, atau baru mencari pekerjaan setelah lulus pendidikan, maka lowongan kerja adalah salah satu hal yang wajib anda perhatikan setiap harinya supaya anda bisa mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Namun demikian, banyak yang bingung, sebenarnya saya harus mencari lowongan kerja seperti apa yang sesuai dengan kemampuan dan minat saya? Nah, berikut ini adalah beberapa tips memilih lowongan kerja yang efektif yang bisa anda lakukan, supaya anda tidak bingung memilih lowongan kerja yang jumlahnya ribuan itu.

Tips Dalam Memilih Lowongan Kerja Yang Tersedia

  1. Lihat Job Spec

Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah memilah-milah terlebih dahulu job spec yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Job spec merupakan spesifikasi atau kualifikasi minimum yang harus dipenuhi calon karyawan agar bisa diterima, atau paling tidak menjadi calon kandidat dari perusahaan tersebut.

Nah, anda harus melihat apakah job spec tersebut sudah sesuai dengan kemampuan, kualifikasi, pendidikan, dan juga trait kepribadian anda. Misalnya anda tidak memahami dunia teknik, maka langsung buang jauh-jauh lowongan kerja yang membutuhkan kemampuan teknis.

  1. Usia dan Pengalaman kerja

Banyak perusahaan yang mematok usia dan pengalaman kerja tertentu dalam kriteria perekrutan. Misalnya dalam lowongan kerja tertulis pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama, dengan usia maksimal 30 tahun. Apabila anda tidak memenuhi syarat, jangan coba-coba untuk mengirimkan lamaran. Dijamin lamaran anda akan ditolak, kecuali anda memiliki satu kelebihan yang benar-benar spesial.

Bagi anda yang baru lulus, Carilah lowongan pekerjaan yang tidak membutuhkan pengalaman, boleh juga dimulai dari peluang internship alias program magang dan pelatihan. Lumayan kan untuk menambah pengalaman kerja anda.

  1. Jangan terfokus pada perusahaan besar/impian

Banyak orang gengsi melamar di kantor atau perusahaan tertentu. Alasannya adalah, ah perusahaan kecil, atau mungkin, masa kerjanya bukan di lokasi bisnis yang elite sih? Nah, banyak dari calon karyawan memilih seperti itu ketika melihat lowongan pekerjaan. Padahal, asalkan anda bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan keinginan anda, apalah artinya nama sebuah perusahaan. Yang terpenting adalah anda mampu memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat anda, dan anda tidak terbebani bekerja di tempat tersebut.

  1. Cari lowongan kerja sebanyak-banyaknya

Anda juga harus mampu melihat peluang di berbagai kesempatan. Carilah lowongan kerja di banyak tempat, mulai dari media cetak, media online, hingga job fair alias bursa lowongan kerja. Disana anda akan mendapatkan banyak referensi lowongan kerja, dan peluang anda dalam mendapatkan pekerjaan lebih besar. Jangan lupa untuk menyiapkan surat lamaran dan juga CV dalam jumlah yang banyak ya, supaya anda tidak kebingungan ketika akan melamar pekerjaan

  1. Selalu optimis dalam melamar pekerjaan

Hal terakhir, anda harus bisa menjadi orang yang super optimis ketika akan melamar suatu pekerjaan. Selalu berpikir positif dan yakin bahwa nanti akan ada pekerjaan yang cocok untuk diri anda.

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika anda akan mencari pekerjaan. Banyaknya lowongan kerja bisa menjadi pilihan anda dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan anda. Semoga berhasil. Psikologi Mania