Tips Membantu Anak Susah BelajarTips Membantu Anak Susah Belajar – Anak adalah representasi kebanggaan dan mimpi-mimpi orang tuanya. Melalui anak pula kita sebagai orang tua maupun calon orang tua akan banyak menaruh harapan di pundaknya kelak. Perlu sebuah bimbingan dan juga didikan yang baik, untuk menuntunya menuju perkembangan yang sesuai dengan harapan. Meskipun terkadang bimbingan dan pengajaran yang kita berikan tersebut tak semuanya dapat dicerna oleh buah hati kita. Pun begitu didikan yang di berikan di lingkungan sekolahnya, yang tak semuanya dapat di pahaminya dengan baik.

Perlu sebuah tips jitu dalam memahamkan anak yang mengalami problem susah memahami apa yang di ajarkan. Berikut ini adalah tips jitu untuk memahamkan anak yang tengah mengalami masalah belajar yang dapat di praktikkan di rumah.

  1. Komunikasi Dengan Guru

Aktif untuk berkomunikasi dengan guru sekolah adalah salah satu cara dalam membantu anak menemukan permasalahannya dalam memahami pelajaran di sekolah. Dengan menanyakan pada guru, sebagai orang tua akan lebih mudah untuk memahamkan dengan baik lagi ketika anak berada di rumah.

  1. Ruang Belajar

Faktor lain untuk membantu anak dalam belajar adalah dengan mengatur ruang belajar. Dengan ruang belajar yang cukup nyaman dan terang, tentunya akan meningkatkan minat anak dalam belajar. Sediakanlah selalu peralatan belajar yang mudah di jangkau oleh anak.

  1. Waktu Belajar

Aturlah waktu belajar anak secara teratur dan konsisten. Karena membiasakan anak untuk belajar akan lebih mudah semenjak dini. Carilah waktu-waktu yang sekiranya anak sedang dalam kondisi tidak lelah.

  1. Rencana Belajar

Bagilah terlebih dahulu antara pekerjaan rumah dan juga tugas rumah. Bimbinglah anak untuk mengerjakan pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu sebelum mengerjakan yang sulit. Hal tersebut dimaksudkan agar, anak tak minder dahulu karena menemukan soal sulit. Dengan memulai soal yang mudah pun akan dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan dirinya secara perlahan.

  1. Jeda Waktu

Berikanlah jeda waktu dalam belajar setelah ia kira-kira belajar kurang lebih 30 menit. Hal tersebut dimaksudkan agar ia tak bosan dan jenuh dalam belajar. Berilah ia jeda waktu sekitar 5 menit untuk me-refresh otak

  1. Jauhkan Gangguan

Tips Membantu Anak Susah BelajarButlah seminimal mungkin agar gangguan dari luar seperti suara televisi, musik yang keras, ataupun panggilan televon tidak hadir dikala anak sedang belajar. Jadikan suasana yang nyaman dan kondusif ketika anak sedang belajar.

  1. Kerjakan Sendiri

Biarkan anak untuk berfikir bagi dirinya sendiri hingga membuat kesalahan untuk dirinya sendiri. Karena dari kesalahanlah anak akan belajar memperbaiki kekurangan yang ada. Sebagai orang tua, posisikan diri sebagai patner dalam memberikan saran yang baik.

  1. Jadi Motivator

Selalu berusaha untuk memberikan dorongan semangat pada sang anak, agar ia merasa tak sendirian dalam berjuang memahami apa yang ia pelajari. Peluklah anak jika ia lelah, karena pelukan anda akan menenangkan hati anak yang sedang resah dan jenuh menjalani kehidupannya.

  1. Jadi Contoh

Dalam memberikan saran, contohkanlah pada anak agar ia mengerti apa yang harus di lakukannya.

  1. Berikan Pujian

Setiap keberhasilan yang di dapatkan oleh anak, berilah ia pujian sebagai reward agar anak lebih memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan setiap tugas yang ada. by: Muhmad Fadhol Tamimy