Tips Melatih Jiwa Kepemimpinan Bagi Remaja

Tips Melatih Jiwa Kepemimpinan Bagi Remaja

November 26, 2016 Off By admin

Tips Melatih Jiwa Kepemimpinan Bagi RemajaMenjadi pemimpin tentu menjadi mimpi sebagian besar orang. Menjadi seorang pemimpin tentu membutuhkan bekal yang cukup banyak untuk menjadi pemimpin yang ideal.  Setiap manusia di ciptakan untuk menjadi pemimpin dalam hidupnya, baik bagi diri sendiri, keluarga, organisasi atau lembaga. Kepemimpinan bukanhanya suatu konsep yang bersifat teoritis saja,namun juga merupakan proses pembelajaran langsung. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada masa remaja inilah terdapat energi dan potensi yang besar untuk terus maju.

Seorang remaja memiliki banyak pertanyaan tentang berbagai hal yang akan memotivasinya untuk terus berkembang. Melatih jiwa kepemimpinan sejak masa remaja tidaklah mudah, dimana masa-masa tersebut remaja sedang mengalami kritis pencarian jati diri atau identitas. Berikut tips melatih jiwa kepemimpinan bagi remaja:

  1. Leadership

Tips melatih jiwa kepemimpinan bagi remaja yang pertama ialah leadership. Leadership yang perlu anada kembangkan ialah self leadership, dengan kata lain kepemimpinan bagi diri sendiri. Apapun yang sedang anda lakukan semua bermula dari diri sendiri. Setiap remaja memiliki kemampuan untuk bertanggung jawab terhadap apa yang di kerjakannya, hal ini dapat melatih jiwa kepemimpinannya.

Tanggung jawab itu sendiri dapat berupa kepercayaan yang kita berikan untuk mereka lakukan, yakni mengerjakan PR, membersihkan kamarnya, memilih teman yangbaik dan buruk dan mengatur waktu bermain. Dari hal kecil yang akan menjadi kebiasaan mereka, akan mengajarkan tentang tanggung jawab terhadap diri sendiri sebagai sopsok pemimpin.

  1. Team working

Tips melatih jiwa kepemimpinan bagi remaja yang kedua adalah team. Bagaimanapun kita membutuhkan orang lain untuk melakukan hal apapun. Sangat penting untuk mengarahkan remaja terhadap pentingnya kerja sama. Meski terlihat sepele, tapi sikap para remaja cendrung egois dan hanya mau menonjolkan kemampuannya sendiri. Untuk hal ini para orang tua, lingkungan dan teman perlu mengarahkan ke hal yang baik dan benar.

Agar para remaja dapat bersosialisasi dengan baik dan mampu belajar dari orang lain. Dan sikap egois yang cendrung ke individualisme akan hilang. Setelah memiliki team working maka anda memerlukan komunikasi yangbaik untuk melanjutkan pekerjaan.

  1. Communication

Tips melatih jiwa kepemimpinan bagi remaja yang ketiga ialah komunikasi. Komunikasi merupakan penyampaian pesan atau informasi melalui alat komunikasi. Semua hal yang anda lakukan perlu adanya komunikasi. Komunikasi sebagai perantara mengirim pesan. Untuk berbelanja saja memerlukan komunikasi. Tanpa adanya komunikasi akan berantakan dan kadang tidak jelas mau kemana arah dan tujuannya.

Bagi para remaja yang mengasah jiwa kepemimpinan maka komunikasi harus diasah dari sejak kandungan. Dan untuk mengasak komunikasi dalah hal berbicara pada remaja ialah kepercayaan diri bahwa dapat melakukannya, mengerjakannya dan lain-lain. By: Nurus Syarifatul ‘Aini