Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi. Menjadi sukses di segala bidang tentu membutuhkan metode dan cara ampuh untuk meraihnya. Namun menjadi sukses tak hanya itu saja yang di butuhkan ada sebuah upaya yang juga sangat penting di akukan. Upaya tersebut adalah meningkatkan konsentrasi.

Meningkatkan konsentrasi mungkin bagi sebagian dari kita adalah cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun bagi sebagian dari orang lain, meningkatkan konsentrasi ini merupakan cara yang sulit untuk dilakukan. Adanya orang yang dapat dengan mudah untuk konsentrasi da nada pula orang yang sulit untuk konsentrasi disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah kondisi fisik, kebiasaan, hingga faktor keturunan.

Berikut ini adalah tips jitu meningkatkan konsentrasi, bagi kamu yang masih kesulitan untuk fokus terhadap apa yang di lakukan.

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

  1. Buatlah Aktivitas Yang Anda lakukan Menjadi Sebuah kebiasaan

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Buatlah aktivitas yang sekiranya hal tersebut akan menjadi kegiatan rutinan anda. Apabila anda telah terbiasa untuk melakukan sesuatu secara berulang, maka dalam jangka waktu yang lama, maka tingkat akurasi anda ketika bekerja ataupun belajar akan tinggi. Akibatnya, daya konsentrasi anda pun juga akan meningkat dengan pesat.

Namun tetap harus diingat bahwa, aktivitas yang akan anda lakukan ini merupakan aktivitas yang sekiranya anda rasa sulit untuk berkonsentrasi. Dengan melakukan pembiasaan pada aktivitas tersebut, maka seiring dengan berjalannya waktu anda pun pada akhirnya terbiasa dengan hal-hal yang dahulunya anda rasa sulit untuk berkonsentrasi di dalamnya.

  1. Mencari Suasana Baru

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Daya konsentrsi dapat menurun dengan sangat drastic apabila anda hanya mengerjakan berbagai macam hal yang berulang-ulang, tanpa adanya refresh dan istirahat. Misalkan saja ketika anda mengerjakan pekerjaa di kantor, tanpa mendapat waktu liburan yang cukup. Sebelum hal tersebut terjadi, maka ajukanlah hak cuti anda untuk liburan, atau mencari suasana baru.

Hal ini sangatlah penting pula untuk tak sekedar berlibur, namun mencari suasana baru guna menyegarkan pikiran. Anda dapat pergi kemanapun yang anda suka, menginap di suatu daerah baru dan lain sebagainya untuk merefresh fikiran anda.

  1. Kembangkan Pola Hidup Sehat

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Mengembangkan pola hidup sehat sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan pola hidup sehatlah fungsi-fungsi alami dari otak akan termaksimalkan dengan baik. Cobalah untuk giat mengatur pola makan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Selain menjaga pola makan, pola istirahat pun sebaiknya di perhatikan. Salah satu cara terbaik menjaga pola istirahat adalah tidur siang. Diketahui bahwa dari beberapa penelitian yang telah dilakukan bahwa, tidur siang sangat baik untuk memperkuat daya ingat dan daya fikir.

  1. Jangan Mengerjakan Sesuatu Di Tempat Tidur

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Mengerjakan pekerjaan di tempat tidur akan membuat otak kita terstimulasi untuk tidur. Hal tersbut dikarenakan pembiasaan yang terasosiasi bahwasanya tempat tidur merupakan tempat untuk tidur, bukan untuk bekerja. Oleh sebab itu mengerjakan sesuatu di tempat tidur justru semakin membuat sulit untuk berkonsentrasi.

Kerjakanlah pekerjaan anda di meja kerja ataupun meja belajar. Hal tersebut akan lebih bermanfaat dan membuat kita terpacu untuk segera menyelesaikan. Rasa terpacu tersebutlah yang membantu diri ita untuk berkonsentrasi secara penuh.

  1. Meditasi

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Meningkatkan konsentrasi tak hanya dapat dilakukan dengan belajar saja. Namun meningkatkan kemampuan otak juga dapat dilakukn dengan cara meditsi. Sebenarnya cara ini merupakan cara yang telah lama di lakukan. Telah diketahui bahwa dengan meditasi kita akan mendapatkan beberapa manfaat salah satunya adalah meningkatkan kecerdasan otak.

Disamping itu dengan meditasi, memiliki manfaat untuk merelaksasi tubuh yang telah jenuh menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan ilmuan mengatakan bahwa, meditsi memudahkan seseorang untuk mendapatkan ide dan kemampuan dalam menenangkan diri. Hal tersebut tentu lebih baik daripada hanya beristirahat dan juga membiarkan pikiran kosong.

  1. Kerjakan Satu Hal Pada Satu Waktu, Hingga Selesai Dengan Sempurna

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Kerjakan satu hal terlebih dahulu. Hindari untuk melakukan kegiatan dalam satu waktu yang bersamaan. Dengan membiasakan diri untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu dalam satu waktu, maka hal tersebut akan mampu untuk membantu meningkatkan konsentrasi diri anda.

  1. Teknik “Laba-Laba”

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Ada salah satu teknik yang disebut dengan “teknik laba laba”. Perhatikanlah saat di mana seekor laba-laba tersebut sedang membangun sarangnya. Apabila anda meletakkan sebuah sumber bunyi bunyian di samping laba-laba tersebut, maka ia sama sekali tak terganggu dan memutuskan untuk meneruskan pekerjaannya dalam membangun sarangnya.

Nah, hal inilah yang harus anda pelajari. Anda harus belajar untuk mengabaikan hal-hal kecil yang dapat dialihakn sebisa anda. Ketika anda melakukannya secara intens kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi pun akan terlatih dengan sendirinya.

  1. Melakukan Aktivitas Yang Bisa Memperlancar Aliran Oksigen Ke Otak

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Darah merupakan perantara utama oksigen di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, cobalah anda untuk melakukan beragam aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah, dimana hal tersebut akan dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi. Di dalam rangka untuk mengalirkan oksigen ke dalam otak, anda dapat bangun dan berjalan-jalan di setiap saat waktu luang anda.

Apabila anda terjebak di tempat kerja anda tak dapat melakukan aktivitas di atas, cobalah untuk melakukan gerakan kecil di lokasi kerja anda. Lakukan senam ringan yang tak terlalu menyita waktu dan tempat, terutama melakukan perenggangan tubuh.

  1. Istirahat Satu Jam

Tips Jitu Meningkatkan Konsentrasi

Ingatlah bahwa memberikan otak istirahat sangat penting untuk dilakukan. Agar nantinya otak anda tak mengalami overload. Karena apabila otak anda mengalami overload, maka segala sesuatu informasi akan sulit untuk di serap oleh memori. Ketika memori dalam otak anda sulit untuk menangkap informasi maka konsentrasi pun akan sulit untuk dilakukan.