Tips Cinta: Bagaimana Menjadi Pendengar Yang Baik Untuk Pasangan Anda

Tips Cinta: Bagaimana Menjadi Pendengar Yang Baik Untuk Pasangan Anda

December 9, 2016 Off By admin

Tips Cinta: Bagaimana Menjadi Pendengar Yang Baik Untuk Pasangan AndaTips cinta kali ini akan membahas mengenai bagaimana anda bisa menjadi pendengar yang baik untuk pasangan anda. Dalam ilmu psikologi, terdapat pemahaman mengenai komunikasi yang baik, terutama berkomunikasi dengan pasangan. Salah satu hal yang harus dioptimalkan dalam komunikasi dengan pasangan adalah bagaimana anda menjadi pendengar yang baik, dan bagaimana cara anda merespon pembicaraan pasangan anda. Tips cinta ini bisa membantu anda supaya dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan anda, dan menghindari terjadinya kesalahpahaman akibat respon yang tidak tepat.

Tips Cinta: Menjadi Pendengar Yang Baik

Untuk menjadi pendengar yang baik, dan merespon perkataan pasangan agar tidak menyinggung dan menimbulkan salah paham, anda bisa mencoba beberapa tips cinta di bawah ini :

  1. Jangan berlebihan dalam merespon pembicaraan yang serius

Suatu pembicaraan yang serius membutuhkan respon yang serius juga. Ketika pasangan anda membicarakan suatu hal yang serius, maka jangan pernah anda meresponnya dengan candaan dan juga respon yang berlebihan. Hal ini bisa saja membuat pasangan anda menjadi tersinggung dengan respon anda, dan menyebabkan pasangan anda menjadi marah dan kesal dengan anda.

  1. Anggukan kepala anda

Ketika berkomunikasi dengan pasangan, atau orang lain, gesture adalah salah satu hal yang penting. Ketika pasangan anda berbicara dengan anda, anggukan kepala anda. Anggukan kepala menunjukkan bahwa anda memahami dan mengerti tentang apa yang dibicarakan oleh pasangan anda. Anggukan juga dapat berarti, anda sudah mendengarkan cerita pasangan anda, dan ini akan membuat pasangan anda merasa lebih dihargai.

  1. Jangan memotong pembicaraan

Memotong pembicaraan adalah salah satu hal yang akan merusak komunikasi dengan pasangan anda. Apapun yang terjadi, usahakan anda memberikan kesempatan kepada pasangan anda untuk menyelesaikan pembicaraannya terlebih dahulu, baru kemudian anda berbicara.

  1. Tunjukkan ekspresi yang menyenangkan

Ketika pasangan anda sedang mengatakan sesuatu, ada baiknya anda memberikan ekspresi yang mendukung, atau ekspresi yang menunjukkan bahwa anda mendengarkan dirinya. Tatap mata pasangan anda, atau dekatkan diri anda dengan pasangan anda. Hal ini merupakan dasar ekspresi dan gesture yang baik dalam merespon dan menjadi pendengar yang baik.

  1. Berikan feedback atau pendapat anda

Untuk menjadi pendengar yang baik, anda juga harus mampu untuk memberikan feedback atau pendapat anda mengenai pembicaraan pasangan anda. tidak perlu feedback yagn rumit dan memberikan solusi, cukup mengatakan “Ya, saya mengerti” atau “Oh, ternyata seperti itu”. Feedback seperti ini akan membuat pasangan anda merasa sangat dihargai, dan selamat anda sudah menjadi seorang pendengar yang baik.

Itulah kelima tips menjadi pendengar yang baik, yang bisa anda lakukan ketika mengobrol dengan pasangan anda, atau bisa juga ketika anda sedang mengobrol dengan orang lain. Menjadi pendengar yang baik bisa dilatih dengan mudah, apabila anda memang berniat untuk melakukannya. Selamat mencoba untuk menjadi pendengar yang baik! By: Eduardus Pambudi