Tips Bijak Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Penetrasi gadget yang kian massiv di kalangan masyarakat dewasa tak luput pula terjadi pada kalangan anak-anak di sekitar kita. Khususnya masyarakat indonesia yang bahkan menjadi salah satu pengguna internet dengan prangkat ponsel terbesar di dunia.

Hal ini tentu kian mengkhawatirkan, dikarenakan gadget akhirnya menggantikan peran-peran sosial yang seharusnya di lakukan oleh anak seperti interaksi dengan orang tua, rekan, lingkungan, dan interaksi dengan kreativitas di dunia nyata.

Gadget pun seakan menjadi hantu paling dsayat menggempur, mentalitas anak, dimana tak sedikit prangkat gadget yang terhubung dengan dunia internet, dimana internet telah mafhum untuk kita ketahui bersama, ia menjadi jembatan mereka dengan dunia kekerasan, bulliying, dan juga pornografi.

Banyak sekali para ahli yang melarang penggunaan gadget di kalangan anak-anak secara berlebihan. Berikut ini adalah Tips Bijak Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak.

Tips Bijak Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Dengan menggunakan cara berikut ini, harapannya para orang tua di indonesia khususnya dan dunia pada umumnya dapat lebih arif dan bijaksana untuk memberikan gadget pada anak-anaknya.

  1. Batasi Waktu Penggunaan

Membatasi waktu penggunaan gadget adalah langkah awal yang dapat di terapkan oleh orang tua. Dengan membatasi waktu pula, anak akan belajar bahwasanya, apa yang mereka pergunakan dan nikmati memiliki batasan-batasan yang harus di taati.

Membatasi waktu penggunaan dapat berupa frekuensi lamanya ia boleh bermain, atau hari-hari tertentu yang boleh mereka pergunakan untuk bermain gadget, namun tentunya harus di beri batasan waktu yang jelas, dan harus konsisten walapun anak nantinya akan menangis saat waktunya telah habis.

  1. Membatasi Akses Internet Di Rumah

Dengan membatasi akses internet, akan memudahkan orang tua untuk memantau gerak-gerik aktivitas anak dalam menggunakan gadget yang terhubung dengan internet. Hal tersebut dikarenakan sambungan internet merupakan sumber pemicu anak kecanduan gadget.

Internet yang terhubung dengan beberapa perangkat seperti komputer dan gadget khususnya merupakan sumber anak untuk mencintai dunia maya dibandingkan dengan dunia nyata. Karena sifatnya yang bebas tanpa di ganggu oleh orang diluar dirinya.

  1. Berikan Anak Kesibukan Lain Yang Menarik

Memberikan waktu kesibukan akan membantu membuat anak lupa dengan gadget. Penting untuk diingat bahwa, memberi kesibukan pada anak, akan lebih baik jika memberinya kesibukan yang menarik dan menyenangkan. Karena jika anda memberinya hanya sekedar kesibukan, justru ia akan menganggap bahwa anda sedang menghukumnya dan menjauhkan kesenangan dari bermain gadget.

  1. Ajarkan Keterampilan Pada Anak

Cobalah untuk mengajari keterampilan baru yang belum di miliki anak. Salah satu keterampilan tersebut seperti seni, olahraga, hingga olah makanan. Kegiatan tersebut selain bermanfaat untuk memacu fisik, motorik dan kognitif anak, namun juga menjadi media orang tua untuk lebih dekat secara hubungan emosional dengan anak. Selanjutnya

  1. Jadilah Panutan Yang Baik Untuk Anak

Mungkin seringkali anda mengingatkan anak untuk berhenti bermain gadget. Namun, sudahkah anda mencontohkan hal tersebut pada anak. Jika belum, yuk mulai saat ini cobalah untuk menerapkan pada diri sendiri.

Saat sedang berkumpul dengan anak hindari interaksi dengan menggunakan gadget. Curahkan lebih banyak perhatian anda kepada anak. Ingatlah bahwa seorang anak adalah peniru ulung, yang mana jika kita lalai dengan kelakuan kita di dalam keluarga, akan membuatnya menjadi seperti apa yang anda lakukan.

  1. Tunjukan Mainan Lain Selain Gadget

Meyakini bahwa dunia dan alam ini luas, maka akan banyak pula hal-hal atau permainan lain yang lebih bermanfaat di bandingkan dengan gadget. Perkenalkanlah ia dengan permainan alternative selain gadget, seperti permainan tradisional saat anda kecil. Karena pada permainan tradisional memiliki manfaat, yang mana ia melakukan secara langsung (fisik). Aktifitas secara langsung inilah yang berfungsi untuk meningkatkan kreativitas anak dalam kehidupannya.

  1. Support Anak Untuk Melakukan Aktivitas Outdoor

Mintalah kepada anak untuk bermain di luar rumah bersama teman-teman sebayanya. Dengan bermain bersama teman-temannya, anak akan belajar melakukan peran dalam situasi sosial, dan belajar berperan dalam kehidupan bermasyarakat kelak. Bermain bersama teman juga meningkatkan kebugaran fisik maupun mentalnya.

  1. Ajak Piknik Atau Berlibur Ke Alam

Sekali-kali ajaklah anak untuk melihat dunia luar dan berinteraksi dengan keindahan alam. Biarkan anak menemukan banyak hal yang tidak pernah bisa ia dapatkan melalui gadget. Dengan begitu anak akan belajar banyak dan meyakini bahwa, dunia ini luas dan indah yang akan sayang jika waktu hanya dihabiskan untuk bermain gadget semata.

  1. Ajak Anak Bersosialisasi Dengan Teman-temanya

Bersosialisasi dengan teman-teman dapat mengalihkan kebiasaan bermain gadget pada anak. Hal tersebut dikarenakan anak akan lebih fokus untuk melakukan interaksi dengan teman-temanya dalam permainan.

Betapa banyak masyarakat saat ini yang kadung menjadi aneh di dalam setiap perkumpulan, dimana mereka yang seharusnya sibuk untuk saling merespon rekan komunikasinya secara langsung, namun justru mereka sibuk menunduk memperhatikan layar. Biasakan anak saat ini juga untuk tidak tergantung dengan bermain gadget, karena interaksi sosaial secara nyata lebih baik, dibandingkan dengan gadget.

  1. Diskusikan Dengan Anak-anak

Sampaikanlah kepada anak bahwa gadget memiliki dampak yang tidak baik seperti insomnia dan pembentukan kepribadian introvert yang akan menyulitkannya di masa yang akan data. Namun tetnunya apa yang di diskusikan menyesuaikan bahasa anak, agar lebih mudah untuk di mengerti dan di pahami.

Itulah beberapa hal yang dapat kita simak mengenai tips bijak mengatasi kecanduan gadget pada anak. Semoga anak kita menjadi pribadi yang lebih memiliki empati dan peka terhadap lingkungan sekitar, dan tidak menjadi pribadi apatis dikarenakan telah kadung kecanduan gadget. By: Muhamad Fadhol Tamimy

Share