Tipe Kepribadian. Sebenarnya Penting Atau Tidak Sih? Anda tentu saja sering mendengar mengenai tipe kepribadian ini itu, mulai dari kepribadian introvert ekstrovert, hingga tipe kepribadian lainnya. Sebenarnya, apa pentingnya tipe kepribadian seperti itu? Apakah kepribadian memang segala-galanya yang dibutuhkan dalam menghadapi masalah kehidupan sehari-hari? Sebenarnya penting atau tidak kita mengetahui dan mempelajari tentang kepribadian?

Tipe Kepribadian: Penting Atau Tidak?

Seperti sudah disebutkan, ada banyak sekali tipe kepribadian manusia. Terkadang, kepribadian juga disamakan dengan sifat, dimana memang tipe kepribadian dan juga sifat seseorang memang bisa saja disamakan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang membuat tipe kepribadian adalah salah satu hal yang penting.

  1. Kepribadian menentukan sikap

Ya, kepribadian seseorang sangat mempengaruhi bagaimana seseorang menentukan sikap, apalagi ketika sedang berada di dalam suatu masalah. Misalnya saja orang dengan kepribadian yang cenderung pemarah, maka pastinya akan menunjukkan sikap kesal dan mudah marah ketika menghadapi sesuatu.

Orang dengan kepribadian introvert mungkin akan menunjukkan sikap yang menyendiri ketika menghadapi masalah, dan sebagainya. Sikap yang anda tunjukkan ketika menghadapi suatu masalah, atau paling tidak ketika anda terjun ke dalam lingkungan sosial, banyak dipengaruhi oleh tipe dari kepribadian yang anda miliki.

  1. Pola berpikir

Secara tidak langsung, pola berpikir anda juga bisa saja dipengaruhi oleh kepribadian. Sepintar apapun anda, ketika anda berpikir, kepribadian akan sedikit banyak mempengaruhi pola pikir anda. Anda yang memiliki kepribadian pendendam misalnya, akan selalu memikirkan balas dendam ketika mendapatkan suatu masalah, begitupun dengan tipe kepribadian lainnya.

  1. Pemecahan masalah

Selain pola berpikir, pemecahan masalah juga banyak dipengaruhi oleh kepribadian anda. Memang tidak selalu, namun seringkali kepribadian ikut serta dalam membuat keputusan dalam memecahkan masalah. Misalnya anda sedang mengalami stress. Bagaimana cara anda menghilangkan stress tersebut? Bagi anda yang kepribadiannya pemarah, tentu saja membanting pintu, atau teriak-teriak sambil marah adalah salah satu jalan memecahkan masalah dari stress.

Bagi anda yang introvert, menyendiri dan menikmati kesendirian adalah cara memecahkan masalah stress yang paling nikmat dan juga menyenangkan. Lain lagi bagi anda yang mungkin memiliki tipe kepribadian ekstrovert, dimana hangout bersama teman-teman adalah cara memecahkan masalah stress yang anda alami.

Pastinya, berbeda tipe kepribadian, maka berbeda juga pemecahan masalah yang akan anda lakukan. Baca juga artikel sebelumnya ” Bisakah kita merubah kepribadian

  1. Pola interaksi sosial

Interaksi sosial anda dengan lingkungan anda pun bisa saja dipengaruhi oleh kepribadian anda sendiri. Misalnya, ketika anda adalah orang dengan kepribadian yang sifatnya openness to experience, maka anda pastinya akan sangat mudah mendapatkan teman baru ataupun mudah untuk menerima masukan dari orang lain. Lain halnya apabila anda adalah tipe orang dengan kepribadian neuroticism, dimana anda mungkin akan mudah cemas dan juga mudah tersinggung ketika berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain

Dari 4 hal diatas, sebenarnya sudah dapat disimpulkan bahwa kepribadian adalah salah satu hal yang penting di dalam kehidupan kita. Tipe kepribadian layaknya mesin, yang mendorong dan mempengaruhi perilaku dan juga sikap kita sehari-hari. Namun demikian, bukan berarti faktor lain tidak berpengaruh. Ilmu psikologi percaya bahwa selalu ada multiple factor, alias faktor ganda yang mempengaruhi perilaku dan juga sikap seseorang, seperti misalnya intelegensi, pola asuh, dan sebagainya, yang juga tidak kalah penting dengan tipe kepribadian seseorang. Psikologi Mania