Tipe Kepribadian Big Five Yang Bisa Anda KetahuiTipe Kepribadian Big Five. Kepribadian merupakan salah satu hal yang melekat dan menjadi ciri khas seseorang. Kepribadian dapat memprediksi perilaku dan juga sikap seseorang ketika terjadi masalah, bagaimana cara seseorang memecahkan masalah, dan bagaimana pandangan seseorang terhadap suatu masalah. Mengenai kepribadian sendiri, ada banyak sekali teori-teori mengenai kepribadian, salah satunya adalah 5 tipe kepribadian manusia yang dikenal dengan Big Five Personality.

Apa Itu Big Five Personality?

Big Five Personality merupakan pengembangan dari Five Factor Model yang dikemukakan oleh Costa dan McCrae, yang mengelompokkan atau mengklasifikasikan kepribadian atau watak seseorang dari segi mental, emosional, temperamental, perilaku, dan juga atribut yang melekat pada diri seseorang. Dalam model teori ini, terdapat 5 macam kepribadian manusia, yang masing-masing memiliki karakteristik dan juga ciri- ciri uniknya masing-masing.

Apa Saja Big Five Personality Itu?

Lalu, apa sajakah yang masuk ke dalam 5 tipe kepribadian dari Big Five Personality ini? berikut ini adalah kelima tipe kepribadian yang masuk ke dalam 5 tipe kepribadian dari Big Five personality :

Tipe Kepribadian Big Five

  1. Neuroticism (N)

Tipe kepribadian Big Fiver Personality yang pertama adalah Neuroticism. Tipe kepribadian ini merupakan tipe kepribadian yang cenderung mengarah kepada ketidakstabilan emosi. Mereka yang masuk ke dalam tipe kepribadian ini, cenderung memiliki sikap, perilaku atau kepribadian :

  • Mudah merasa cemas
  • Cenderung kasar
  • Seringkali mudah merasa depresi
  • Cenderung impulsif
  • Rentan dan mudah dipengaruhi
  1. Extraversion (E)

Extraversion merupakan tipe kepribadian Big Five Personality berikutnya. Extraversion bisa dibilang mirip seperti kepribadian ekstrovert, dimana mereka yang masuk ke dalam tipe kepribadian ini biasanya :

  • Hangat
  • Ramah dan terlihat baik hati
  • Cenderung asertif (mau membantu)
  • Aktif
  • Seringkali mencari kesenangan dan kebahagiaan
  • Banyak memunculkan emosi – emosi yang positif
  1. Openness To Experience (O)

Tipe kepribadian berikutnya adalah openness to experience. Tipe kepribadian yang satu ini merupakan tipe kepribadian dimana mereka biasanya cenderung mau menerima hal-hal baru yang belum pernah dialami. Cenderung toleran dan juga sanggup untuk mengembangkan dan juga menghargai ide-ide dari orang lain.

Kebanyakan dari mereka lebih menghargai nilai-nilai dan juga perasaan dari orang lain, sehingga seringkali dianggap sebagai orang yang baik dan apa adanya.

  1. Conscientiousness (C)

Merupakan salah satu tipe kepribadian Big Five Personality, dimana mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung konsisten dan juga tegas.

Bisa dibilang mereka adalah pekerja keras dan merupakan orang yang mau berusaha untuk mencapai sesuatu. Merupakan orang yang kompeten, bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan tugasnya, dan juga cenderung disiplin. Bagi anda yang ingin menjadi sosok pemimpin, maka orang dengan tipe kepribadian conscientiousness ini adalah tipe kepribadian yang sangat tepat.

  1. Agreeableness (A)

Merupakan tipe kepribadian yang cenderung mengikuti arus, cenderung mengikuti tren, dan mudah untuk diajak bekerja sama. Mereka cenderung jujur, dan juga seringkali mudah untuk diajak menjadi teman mengobrol. Mereka yang memiliki kepribadian agreeableness cenderung mudah dipercaya dan juga mudah mempercayai orang lain.

Nah, itu adalah 5 tipe kepribadian Big Five Personality. Kira – kira, anda masuk ke dalam kategori atau tipe kepribadian yang mana yah?

By: Eduardus Pambudi