Tidak Percaya Diri dan Sulit Fokus, Bagaimana Mengatasinya?Nama : nissa
E-mail : yuxxxti@gmail.com
Judul : tidak percaya diri n sulit fokus dg yg dikerjskan
Isi Konsultasi : Saya nisa berusia 23th.saya seorang yg terbilang pendiam,sulit bergaul,tdk nyaman jk berksma2 berada d keramaian.saya merasa sangat stres karna sulit berinteraksi terlebih d lingkungan yg baru,padahal pekerjaan saya menuntuntut untuk aktif,n smasa kuliah saya,saya sangat membeci persentasi,karna berada d depan bnysk orang mmbuat saya gemetar n keringat dingin,saya juga sulit konsentrasi brlajar,sulit fokus bekerja.hal ini membuat saya rendah diri karna ejekan dari sana sini.apa hal ini dampak dari pola asuh orang tua yg memperlakukan ssya sjak kecil hingga sekarang.ketika salah sedikit langsung d bentak y,dan oeang tua juga tsangat posesif,…sekian.. terimakasih adin…

Jawaban

Hai Nissa, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.

Apabila melihat dari cerita yang diberikan oleh anda, maka ada kemungkinan anda memiliki kecenderungan dengan phobia sosial. Phobia sosial merupakan suatu gangguan kecemasan dimana seseorang akan merasa sangat cemas dan takut ketika berada di dalam situasi sosial tertentu. Hal ini mungkin semakin menguat karena kecenderungan kepribadian anda yang cenderung introvert dan pendiam. Apakah kondisi anda saat ini disebabkan karena pola asuh orang tua? Ada kemungkinan seperti itu. Pola asuh yang anda peroleh bisa menjadi salah satu faktor yang memperkuat kondisi anda saat ini.

Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

Nah, untuk mengatasi masalah tidak percaya diri yang anda alami, dimana anda sering merasa takut, gemetar, dan sebagainya di dalam situasi tertentu, seperti presentasi misalnya, maka anda bisa mencoba untuk melakukan latihan relaksasi. Latihan relaksasi ini bisa anda lakukan setiap saat, dimanapun. Caranya sangat mudah, anda cukup menarik napas dalam melalui hidung dan merasakan udara masuk ke bagian perut anda. Setelah itu hembuskan secara perlahan melalui mulut. Cara sederhana ini bisa anda lakukan dan anda latih kapanpun dimanapun. Anda juga bisa melakukan teknik relaksasi ini sambil menutup mata dan membayangkan pemandangan yang anda sukai, ditambah dengan alunan musik yang anda sukai dan membuat anda tenang.

Ketika anda bisa menenangkan an merelaksasikan diri anda, maka anda akan lebih mudah mengontrol diri anda, dan bisa mengatasi masalah kecemasan yang anda alami. Ketika kecemasan yang anda alami berhasil diatasi, maka masalah di dalam pekerjaan anda bisa teratasi dan anda bisa terhindar dari ejekan orang lain.

Sekedar saran, buatlah ejekan dari orang lain sebagai motivasi untuk maju dan berkembang. Terima kritik dan ejekan, dan buatlah ejekan dan kritik sebagai koreksi diri anda. Berusahalah untuk mencoba mengoreksi diri anda sendiri berdasarkan ejekan atau kritikan orang lain, semampu anda. Ketika anda berhasil membuat kritikan dan ejekan menjadi penyemangat anda, maka anda akan merasa lebih baik. Jadi, jangan terlalu memikirkan ejekan secara serius dan memendamnya ya. Psikologi Mania