Tidak Betah di Kantor, dan Kepuasan Kerja Rendah. Apa yang Harus Dilakukan?

Tidak Betah di Kantor, dan Kepuasan Kerja Rendah. Apa yang Harus Dilakukan?

March 21, 2017 Off By admin

Tidak Betah di Kantor, dan Kepuasan Kerja Rendah. Apa yang Harus Dilakukan?Kepuasan kerja – Memiliki pekerjaan bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Sebaliknya, banyak pula mereka yang merasa bosan dan juga kesal dengan pekerjaannya, karena tidak sesuai dengan minat, maupun latar belakang pendidikan masing-masing. Hal ini mempengaruhi juga tentang kepuasan kerja seseorang. Bekerja di kantor yang tidak menarik dan membuat kesal tentu saja akan membuat kepuasan kerja seseorang menjadi menurun.

Lalu, apakah yang harus dilakukan apabila kepuasan kerja anda menurun, dan anda juga menjadi tidak betah di kantor? Haruskah resign menjadi pilihan pertama dalam menghadapinya? Resign mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus, karena anda bisa melepaskan pekerjaan anda yang membosankan dan juga tidak memuaskan anda dengan cepat. Namun, resign bukan menjadi solusi, apabila anda mendapatkan tempat kerja baru yang suasanya tidak berbeda jauh dari tempat kerja anda yang lama.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan, supaya anda bisa menjadi lebih betah di kantor anda sekarang, dan siapa tau bisa meningkatkan kepuasan kerja anda juga.

  1. Cobalah mencari teman atau sahabat dekat

Banyak yang mengatakan rekan kerja di kantor lebih mudah menjadi saingan dibandingkan sahabat atau teman dekat. Namun demikian, pastinya diantara banyak saingan tersebut ada 1 – 2 orang yang benar-benar peduli dengan anda dan bisa menjadi sahabat atau teman dekat anda. Ketika anda sudah menemukan sahabat atau teman dekat di dalam kantor anda, maka anda bisa lebih nyaman bekerja dan bisa membuat anda menjadi semakin betah.

  1. Selalu bersyukur atas apa yang anda peroleh

Apapun yang kita lakukan, pastinya ada sisi negatif dan juga positif. Hal yang bisa anda lakukan ketika anda sudah mulai bosan dan tidak betah di kantor adalah selalu bersyukur akan situasi yang anda alami. Anda bisa mensyukuri bahwa diantara banyak orang yang belum memiliki pekerjaan, anda sudah memiliki pekerjaan tetap. Dengan lebih banyak bersyukur, anda akan lebih mudah untuk menerima situasi dan pekerjaan anda, dan bisa membuat anda lebih puas dengan pekerjaan anda.

  1. Pasang target

Target atau goal adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan motivasi, terutama di dalam pekerjaan. Anda bisa memasang target untuk pekerjaan anda, per hari, per minggu, atau per bulan. Hal ini akan membantu anda bekerja lebih keras untuk mencapai target atau goal tersebut.

  1. Cobalah untuk memberikan variasi dalam rutinitas

Apa yang anda lakukan sebelum ke kantor? Apakah anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum? Apa yang langsung anda kerjakan setelah sampai di kantor? Dimana anda makan siang? Transportasi apa yang anda gunakan ketika pulang? Jalan mana yang anda lewati ketika pulang atau berangkat kerja?

Cobalah untuk merubah dan memvariasikan hal tersebut. Misalnya anda biasanya menggunakan kendaraan pribadi melewati jalan A. Cobalah mengganti suasana dengan melewati jalan lain, dengan suasana yang baru. Atau cobalah menggunakan transportasi lain, seperti bis atau kereta. Hal ini bisa menambah variasi, sehingga anda tidak monoton dalam bekerja. Begitu pula pada proses anda bekerja, cobalah untuk memberikan variasi, seperti makan siang di lokasi yang agak jauh dari kantor, makan siang di tempat yang menarik, dan lainnya. Hal ini bisa membantu anda menjadi tidak mudah bosan dengan rutinitas yang ada.

  1. Melakukan Negoisasi Ulang Terkait Pekerjaan

Melakukan negoisasi ulang  adalah salah satu langkah yang dapat anda ambil dalam urusan mencari kepuasan di tempat kerja tersebut. Negoisasi dapat berupa beban kerja, kompensasi, dan juga kenaikan jabatan. Namun sebelum melakukan negoisasi, perlu sekiranya anda untuk melihat waktu-waktu yang sangat tepat untuk melakukannya. Hindari melakukan negoisasi di saat pagi hari, atau di saat memulai aktivitas pekerjaan anda tersebut. Wakut yang tepat dapat di coba setelah makan siang.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika anda mulai merasa bosan dan tidak betah bekerja. Yakinlah bahwa bekerja tak selalu berbicara mengenai mencari nafkah untuk diri sendiri dan keluarga. Namun tanamkan dalam diri anda bahwa bekerja juga menjadi salah satu jalan beribadah. Semoga hal ini bisa bermanfaat untuk anda. By: Eduardus Pambudi