Test Kepribadian DISCDISC merupakan sebuah tes kepribadian yang juga banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya adalah kepentingan rekrutmen pada bidang industri dan organisasi. Test Kepribadian DISC sendiri merpakan psikotest yang dibuat berdasarkan 4 kepribadian, yaitu Dominant, Influencing, Compliant, dan juga Stable. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dari ke – 4 kepribadian tersebut :

  1. Dominant

Merupakan struktur kepribadian, dimana individu cenderung menjadi orang yang dominan, mudah dalam mengambil keputusan, merupakan risk taker atau pengambil resiko, dan merupakan individu yang memilki kemampuan problem solving yang baik. Individu ini cenderung argumentative, dan juga seringkali bosan dengan rutinitas, namun cenderung inofatif dan suka akan tantangan.

  1. Influencing

Influencing merupakan karakteristik kepribadian yang antusias dan juga optimis. Cenderung impulsive dan juga emosianal, mudah dalam persuasive serta merupakan individu yang banyak berbicara. Individu dengan kepribadian ini cenderung kreatif, mampu memotivasu, dan merupakan seorang peace maker, namun cenderung lebih mengutamakan popularitas dan tidak terlalu perhatian terhadap sesuatu yang sifatnya detail.

  1. Compliant

Compliatn adalah karakteristik kepribadian yang akurat, dan mampu berpikir secara naalitis. Lebih berfokus pada fakta dan objektif, berpikir sistematis dan cenderung berhati = hati. Selain itu, mereka yang masuk ke dalam kepribadian compliant ini juga mampu untuk masuk ke dalamsituasi, mendifinisikan, hingga mengkritik dan mengumpulkan informasi dari sebuah situasi.

  1. Stable

Stable merupakan tipe kepribadian yang merupakan pendengar yan baik, posesif, cenderung stabil, mau memahami dan juga bersahabat. Merupakan individu yang reliable, dan dapat diandalkan, serta baik dalam membereskan konflik atau masalah. Namun kepribadian ini cenderung sulit melihat prioritas, dan seringkali merasa tidak aman akan suatu hal.

Test Kepribadian DISC

Administrasi dari DISC

ilustrasi administrasi
ilustrasi administrasi

DISC sendiri merupakan alat test yang pengerjaannya cukup mudah dan juga simple. Dalam lembar DISC, terdapat 24 nomor, dimana masing – masng nomor terdapat 4 buah pernyataan. Klien atau peserta kemudian diminta untuk mengisi masing – masing nomor dengan pernyataan yang paling menggambarkan dirinya, dan paling tidak menggambarkan dirinya. Jadi, dalam satu nomor, terdapat dua buah jawaban, yaitu Most (untuk yang paling mendekati), dan juga Least (untuk yang paling tidak mendekati).

Pengerjaannya sangat mudah, dan cenderung cepat, maka dari itu, DISC merupakan salah satu test inventory atau kepribadian yang sering digunakan dalam rekrutmen.

Skoring dan Interpretasi dari DISC

Skoring dan juga interpretasi dari DISC dilakukan oleh tester, ataupun interpreter / asesor yang berkompeten. Skoring DISC dapat dilakukan dengan mudah, karena pada lembar DISC, sudah terdapat lembaran karbon, yang dapat langsung menjiplak jawaban dari klien atau peserta pada lembar skoring. Yang perlu dilakukan hanyalah menghitung jumlah Most dan juga Least yang muncul atas respon dari klien atau peserta.

Setelah melakukan input skor, maka kemudian dlakukan input ke dalam grafik. Terdapat tiga macam grafik dalam DISC, yaitu :

  1. Grafik Most

Grafik most atau Mask dan juga Public Self merupakan grafik yang menunjkkan kecenderungan kepribadian (DISC) klien atau peserta di dalam hubungannya dengan lingkungan sosial, seperti interaksi dengan lingkungan kerja, teman sebaya, keluarga, ataupun orang – orang yang baru dikenal.

  1. Grafik Least

Grafik Least, atau Core dan juga Private Self merupakan grafik yang menunjukkan kecenderungan kepribadian klien atau peserta (DISC) ketika berada di bawah tekanan, misalnya stress, dikejar deadline, ataupun ketika diinterogasi.

  1. Grafik Change

Sedangkan Grafik Change atau Perceived Self merupakan grafik kecenderungan kepribadian (DISC) klien atau peserta yang sebenarnya. Merupakan tipe kepribadian individu yang real, dan benar – benar dirinya, namun cenderung jarang ditunjukkan pada orang lain.

Kategori kepribadian pada DISC sangat pas dan juga cocok untuk digunakan dalam rekrutmen, karena dapat mengidentifikasi kepribadian – kepribdian bagi calon karyawan, terutama bagi perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan jabatan tinggi, seperti supervisor atau manager. Psikologi Mania