Test Inventory, Minat dan Bakat : RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)Test inventory RMIB (Rothwell Miller Interest Blank), tidak hanya banyak digunakan untuk kepentingan asesmen mengenai kepribadian seseorang atau individu saja, namun juga digunakan untuk melihat minat dan juga bakat individu. salah satu test inventory yang secara khusus terfokus pada penilaian minat dan bakat individu ini adalah RMIB atau kependekan dari Rothwell Miller Interest Blank. Pada awalnya, test ini dikembangkan oleh Rothwell pada tahun 1947, lalu kemudian diperbaharui oleh Miller pada tahun 1950. Pada akhirnya, pembaruan test ini memberikan nama Rothwell Miller Interest Balnk sebagai sebuah test minat bakat yang sudah terstandarisasi.

Konsep utama atau dasar teori dari RMIB ini adalah mengenai persepsi dan juga stereotip pada individu mengenai pekerjaan – pekerjaan tertentu. dengan memanfaatkan stereotip ini, maka test RMIB mampu untuk mengungkapkan jenis pekerjaan dan juga minat dan juga bakat yang cock bagi individu. Test ini cocok diberikan pada remaja, dan juga para pencari kerja yang mungkin merasa bosan dengan rutinitas sehari harinya.

Jenis pekerjaan pada test RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)

Pada awalnya, Rothwell mengemukakan 9 buah pekerjaan dalam testnya, dan kemudian dikembangkan oleh Miller menjadi 12 pekerjaan. Berikut ini adalah ke – 12 pekerjaan yang ada pada test RMIB :

  1. Outdoor (OUT), merupakan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas di luar ruangan, atau aktivitas lapangan.
  2. Mechanical (ME), merupakan jenis pekerjaan yang menggunakan mesin, peralatan mekanik, dan juga peralatan – peralatan tambahan.
  3. Computational (COMP), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan angka, dan operasi hitungan (komputasi).
  4. Scientific (SCL), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan analisa, penyelidikan, penelitian, dan juga segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  5. Personal Contact (PERS), merupakan pekerjaan yagn berhubungan dengan manusia, hubungan interpersonal, diskusi, dan juga hubungan dengan banyak orang.
  6. Aesthetic (AESTH), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan kesenian.
  7. Literary (LIT), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan buku, membaca, dan segala bentuk kegiatan literature, seperti menulis, megnarang, dan sebagainya.
  8. Musical (MUS), Merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan music, mulai dari memainkan alat music, membaut music, dan mendengarkan music
  9. Social Service (SOS), mrupakan pekerjaan yang berkaitan dengan kehidupan sosial, pelayanan masyarakat, seperti dokter, psikolog, memabntu menolong dan juga mendorong kehidupan sesama manusia.
  10. Clerical (CLER), merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan tugas – tugas rutin, yagn membutuhkan ketelitian, sistematis, dan juga cenderung teratur.
  11. Practical (PRAC), merupakan pekerjaan yang sifatnya praktis, membutuhkan keahlian, dan keterampilan.
  12. Medical (MED), merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan pengobatan, penyembuhan, dan juga perawatan secara medis.

 

Administrasi dan interpretasi dari Test RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)

Test Inventory, Minat dan Bakat : RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)

Dalam formulir test RMIB, terdapat beberapa macam pekerjaan, yang masuk ke dalam beberapa kategori. Tugas dari peserta atau klien adalah cukup memeberikan rating 1 hingga 12 pada masing – masing pekerjaan yang ada. Rangking 1 untuk pekerjaan yang paling disukai, sedangkan rating 12 adalah pekerjaan yang tidak disukai. Rating disesuaikan dengan minat dan juga pandangan dari peserta atau klien, dan tidak harus dilakukan secara berurutan.

Interpretasi dilihat sesuai dengan konsitensi dari klien atau peserta terhadap pekerjaan yang sudah dipilih. Peserta atau klien yang konsisten dalam memilih, maka dapat diinterpretasikan bahwa mereka memiliki peminatan khusus, atau memilki bakat kecenderungan terhadap satu buah jenis pekerjaan. Sedangkan bagi peserta atau individu yang tidak konsisten dalam mengerjakan, diinterpretasikan sebagai :

  1. Belum memiliki peminatan khusus dalam pekerjaannya
  2. Belum memahami secara mendalam mengenai pekerjaan – pekerjaan yang diberikan di dalam daftar.

Test RMIB merupakan bentuk test battery, dimana peserta atau klien mengerjakan test dalam batas waktu tertentu, dan dinilai mampu untuk mengungkap minat dan juga bakat yagn dimilik individu, dan juga pekerjaan apa saja yagn cocok dengan masing – masing individu.

Psikologi Mania