Test Inteligensi Anak: WPPSI (Wechsler Preschool and Primary School of Intelligence)

Test Inteligensi Anak – Apabila dilihat dari berbagai macam aspek, tentu saja kapasitas yang dimiliki oleh anak – anak dengan remaja ataupun dewasa sangatlah berbeda jauh. Hal ini termasuk juga kemampuan berpikir, mengolah informasi dan juga mengenai inteligensi. Maka dari itu, ada banyak test – test psikologis yang dikhususkan untuk anak – anak. Salah satunya adalah WPPSI ini, yang mana sangat memungkinkan untuk mengukur inteligensi anak pada usia dini, yaitu pada usia 4 hingga 6.5 tahun.

WPPSI mulai diperkenalkan dan digunakan secara umum pada tahun 1967. WPPSI juga dibuat oleh David Wechsler, yang mana juga membuat skala inteligensi anak – anak (WISC) hingga dewasa (WAIS). Sama seperti test inteligensi Wechsler lainnya, WPPSI ini juga terbagi menjadi dua bentuk, yaitu subtest verbal dan juga performance, dengan masing – masing subtestnya adalah :

Subtest Verbal dalam Test Inteligensi Anak:

  1. Test Inteligensi Anak: WPPSI (Wechsler Preschool and Primary School of Intelligence)Informasi

Subtest informasi ini terdiri dari 23 pertanyaan, dimana pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan umum yang sudah dipahami oleh anak – anak usia 4 hingga 6.5 tahun. Misalnya adalah “dimana letak mata kamu?”

  1. Pengertian

Subtest ini terdiri dari 22 kata. Anak – anak diminta untuk menjelaskan, arti dari masing – masing kata tersebut. tentu saja kata – kata tersebut merupakan kata – kata yang mudah dipahami dan sudah dimengerti oleh anak – anak usia 4 tahunan. 14 kata diantaranya diambil dari subtest pengertian pada WISC.

  1. Hitungan

Merupakan subtest yang berisi soal – soal hitungan, terdiri dari 20 soal. Anak – anak diminta untuk menghitung tanpa menggunakan bantuan apapun. terdiri beberapa bentuk, mulai dari menggunakan kartu, menggunakan balok, dan kemudian menggunakan jawaban yang bersifat oral.

  1. Persamaan

Subtest persamaan ini digunakan untuk melihat bagaimana seorang anak menjalankan logika berpikirnya. Subtest ini terdiri dari 16 pertanyaan yang membutuhkan analogi berpikir yang sederhanna. Anak – anak diminta untuk memberitahukan persamaan antara padanan kata yang diberikan oleh tester.

  1. Pemahaman

Subtest ini terdiri dari 15 pertanyaan, dimana anak – anak diminta untuk memberikan definisi atau arti dari beberapa kata dan juga bagaimana pemahaman anak – anak terhadap suatu kondisi sehari – hari.

Subtest performance :

Test Inteligensi Anak: WPPSI (Wechsler Preschool and Primary School of Intelligence)

  1. Animal House

Merupakan bentuk subtest performance pertama pada WPPSI. Pada subtest ini, anak – anak diminta untuk mencocokan antara nama binatang dengan rumah atau tempat tinggal dari binatang menggunakan sebuah papan bergambar, dengan silinder – silinder kayu. Tugas dari si anak adalah meletakkan silinder – silinder kayu tersebut sesuai dengan rumah atau lokasi dimana binatang tinggal.

  1. Melengkapi Gambar

Sama seperti subtest melengkapi gambar pada WAIS ataupun WISC, subtest ini menghadirkan 23 gambar, dimana pada masing – masing gambar terdapat bagian – bagian penting yang hilang, tugas anak adalah mencari dan menyebutkan bagian penting apa yang hilang dari masing – masing gambar yang diberikan.

  1. Mazes / Labirin

Subtest ini miripp seperti permainan labirin pada majalah anak – anak. Terdapat 10 buah labirin dimana anak dituntut untuk mencari jalan yang tepat sehingga anak bisa keluar dari labirin tersebut dan mengikuti tanda yang sudah disediakan. Kemampuan berpikir secara logis dan juga pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam subtest ini.

  1. Geometric Design

Geometric Design merupakan test menggambar bentuk, dimana anak – anak nantinya akan diberikan 10 buah desain geometris, seperti lingkaran, kotak, dan sebagainya. Tugas si anak adalah membut ulang desain yang diberikan kepada mereka. penilaian dilakukan dari kemiripan desain yang dibuat.

  1. Block Design / Rancangan Balok

Rancangan balok merupakan subtest yang sama seperti subtest rancangan balok pada WAIS ataupun WISC. Perbedaannya hanya pada bentuk balok yang datar. Anak – anak diminta untuk membuat desain yang sama seperti apa yang tergambar pada kartu menggunakan balok yang sudah disediakan.

Skoring, Penilaian, dan juga interpretasi pada WPPSI (Test Inteligensi Anak)

Secara umum, skoring dan juga penilaian pada WPPSI dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada pada buku manual WPPSI. Skoring dan penilaian dilakukan dengan menjumlahkan skor pada masing – masing subtest. Setelah itu, dilakukan perubahan dari Raw Score menjadi Scaled Score pada masing – masing subtest. Setelah itu, Scaled Score pada subtest verbal di jumlahkan, begitu pula Scale Score pada subtest performance. Keduanya akan menghasilkan masing – masing Verbal Score, Performance Score, dan Total Score. Gunakan Tabel pada buku manual untuk merubah nilai tersebut menjadi IQ Verbal, IQ Perfomance, dan juga IQ Total, dan tentukan kategori sesuai dengan kategori IQ dari David Wechsler, yaitu :

  • Very Superior (>130)
  • Superior (120 – 129)
  • High Average (110 – 119)
  • Average (90 – 109)
  • Low Average (80 – 89)
  • Borderline (70 – 79)
  • Extremely Low (<69)

Psikologi Mania