Anda Merasa Tertekan? Lawan dengan 3 Jurus BerikutBiasanya, seorang remaja akan mengalami apa yang dinamakan dengan ujian, entah ujian yang berasal dari sekolah maupun ujian yang diberikan lembaga-lembaga kursus. Fungsi dari ujian adalah untuk mengukur sejauh mana anda memahami dan mengerti tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.

Ujian sendiri merupakan hal penting karena lewat proses ujian, anda akan dapat mengukur kemampuan diri Anda sendiri dan mampu memberikan koreksi tentang apa yang harus anda pertahankan dan perbaiki.

Tapi tidak sedikit di antara Anda yang akan mengalami tekanan-tekanan yang didapat ketika menghadapi ujian. Biasanya, Anda akan mengalami kesulitan tidur, badan tidak nyaman, dan jika terus dibiarkan Anda bahkan bisa jatuh sakit.

Menghadapi tekanan memang tidaklah mudah, butuh kemampuan dalam diri yang mampu menguatkan diri sendiri agar dapat mengalahkan tekanan yang ada. Tapi, apakah Anda perlu takut pada tekanan? Jawabannya adalah tidak. Kenapa tidak? Berikut ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda coba untuk mengurangi ketakutan Anda:

  1. Bangun Pagi

Cobalah untuk tidur lebih awal dari jadwal Anda biasanya, hal ini dilakukan agar Anda bisa bangun lebih pagi. Bangun pagi akan membantu Anda untuk memperoleh tubuh yang lebih sehat dan pikiran Anda akan lebih segar. Setelah bangun, lekaslah untuk beribadah kemudian. Anda bisa mencoba untuk sekadar jalan-jalan menghirup udara segar. Udara segar di pagi hari akan membantu pikiran Anda lebih tenang dan membuat Anda yakin dengan kemampuan Anda sehingga terbebas dari tekanan.

 

  1. 10 Hal yang Disyukuri

Cobalah menyediakan banyak kertas memo kosong di meja belajar atau meja dekat tempat tidur Anda. Setelah itu, setiap pagi atau sebelum tidur coba untuk menuliskan apa yang Anda harus syukuri kemarin atau hari ini. Coba tulis 10 hal yang paling membuat Anda bersyukur, dengan begitu Anda akan melatih diri Anda untuk selalu berpikir positif, selalu bersyukur, dan terus membangun kepercayaan diri Anda dengan baik.

 

  1. Optimis

Percayalah pada apa yang sedang Anda lakukan adalah hal yang akan membawa Anda pada sebuah keberhasilan. Percayalah pada diri Anda sendiri bahwa Anda memiliki kekuatan untuk terbebas dari rasa tertekan. Percayalah pada semesta bahwa mereka akan membantu Anda ketika mengalami kesulitan, yang terpenting jangan pernah putus asa dan takut dengan apa yang sedang ada di hadapan Anda.

 

Mendapatkan tekanan adalah hal yang sangat wajar dalam kehidupan ini, tidak seorang pun yang tidak pernah mendapatkan tekanan dalam hidup. Tentu saja dengan tingkat yang berbeda-beda.

Lewat sebuah tekanan, mereka yang begitu sukses saat ini dapat membuktikan kepada dunia betapa suksesnya hidup mereka. Tekanan akan menjadi beban ketika Anda tidak mampu mengendalikannya. Oleh karena itu, kendalikan tekanan dan buat tekanan menjadi jalan Anda meuju sukses. Tri Indarti