Ternyata Tidak Percaya Diri Dapat Mempengaruhi Pendengaran Dalam Berkomunikasi

Nama : Ayu
Judul : Susah berkomunikasi
Isi Konsultasi : Sejak saya kecil saya memang merasa kalau saya susah berkomunikasi. Kadang saya susah mendengarkan apa yang dikatakan teman saya padahal situasinya di ruang yang nyaman untuk berbincang. Kadang juga saya merasa kalau apa yang saya ucapkan tidak terdengar oleh teman saya, sehingga di saat kebingungan itu saya memutuskan untuk tidak melanjutkan perkataan. Saya jadi tidak fokus atau memang dari awal tidak fokus. Bercakap dengan orang lain sering membuat saya gugup dan tidak fokus. Akhirnya saya tidak bisa mendengar dengan baik atau berbicara dengan baik. Apakah ada solusi untuk ini? Terimakasih.

Jawaban: Untuk mba ayu, kesulitan dalam berkomunikasi yang di alami merupakan hal yang umumnya di alami oleh mereka yang memiliki kecendrungan tidak percaya diri, maupun mereka yang memang memiliki intensitas interaksi dengan orang lain yang agak jarang. Hal tersebut merupakan hal yang wajar saja terjadi. Perlu diketahui bahwa, ketidak percaya diri-an dalam berkomunikasi terhadap orang lain, merupakan salah satu penyebab kita gagal fokus menghadapi lawan bicara, ke-tidak percaya diri-an tersebut pada akhirnya menyebabkan kita lebih banyak memikirkan ketakutan-ketakutan yang semestinya belum tentu terjadi. Kita akhirnya lebih takut jikalau saja nantinya  kita salah-salah dalam merespon perktaannya.

Beberapa trik yang dapat di coba untuk meningkatkan percaya diri dalam menghadapi lawan bicara ini dapat di coba.

  1. Berlatih Berbicara Sendiri. Berlatih berbicara sendiri ini dapat dicoba dengan berbicara di depan cermin. Jadikan seting bayangan diri yang ada di depan cermin tersebut adalah representasi dari lawan bicaara anda. Latihlah hal tersebut secara terus menerus, agar membiasakan anda untuk terbiasa dalam berkomunikasi terhadap orang lain.
  2. Bergaul dengan banyak orang juga akan membantu mengatasi masalah ini. Cobalah untuk bergaul dengan orang-orang baru di lingkungan anda. Adakalanya sok kenal diperlukan selama tidak berlebihan, agar kepercayaan diri anda dalam berinteraksi mulai tumbuh.
  3. Memperhatikan penampilan diri. Penampilan diri merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan diri kita. Dengan penampilan yang baik dan enak di pandang, akan membuat orang lain memiliki interest pada diri kita. Ketika interest tersebut muncul tentu ia akan selalu memperhatikan kita dalam setiap bertutur kata. Akan lebih mudah anda untuk berkomunikasi dengannya nanti.
  4. Berfikir positif. Jauhkanlah fikiran anda yang menyatakan bahwa anda tidak mampu untuk berbicara dengan orang lain. Yakinilah bahwa kegugupan anda saat ini hanya bersifat sementara. Taka da yang perlu ditakutkan, toh lawan bicara anda juga tidak mengetahui bahwa anda sedang mengalami kegugupan. Bisa jadi lawan bicra anda malah yang gugup berbicara dengan anda.
  5. Niat yang kuat. Tanamkanlah tekad dan niat, bahwa anda ingin berubah menjadi pribadi yang mudah bergaul dan cerdas dalam bertutur kata.

Psikologi Mania