Ternyata Hal Ini Ampuh Untuk Mendeteksi Kualitas Kepemimpinan Anda LohMendeteksi kualitas kepemimpinan – Tes psikologi atau yang kita kenal dengan tes psikotes merupakan instrumen, atau alat bantu di bidang psikologi untuk mengukur berbagai macam aspek individu. Mulai dari kepribadian, persepsi, hingga bisa menggambarkan kondisi psikis dari diri anda. Tes psikotes banyak juga diaplikasikan di dalam bidang industri dan organisasi (PIO), yang berhubungan dengan rekrutmen karyawan, dan asesmen karyawan. Salah satunya adalah tes psikologi mengenai gaya kepemimpinan.

Dalam sebuah perusahaan dan juga organisasi, gaya kepemimpinan merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu sang pemimpin beserta anggotanya dalam mencapai tujuan organisasi. Gaya kepemimpinan yang tepat akan membuat anggotanya menjadi nyaman dan mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi. Begitu pula sebaliknya, gaya kepemimpinan yang kurang tepat akan menghancurkan suatu organisasi.

Bagaimana Melihat Gaya Kepemimpinan Seseorang?

Lalu, bagaimana cara melihat gaya kepemimpinan seseorang? Selain melalui proses wawancara dan observasi, dan juga pengalaman organisasi seseorang, ada beberapa alat tes psikologi atau psikotes yang dapat membantu kita melihat gaya kepemimpinan seseorang. Management Style Diagnostic Test atau MSDT adalah salah satu tes psikotes yang umum dan biasa digunakan untuk mengukur gaya kepemimpinan seseorang.  Dalam tes ini, terdapat beberapa pernyataan yang harus dijawab dan diselesaikan oleh calon karyawan. Hasil dari tes psikotes MSDT ini adalah kesimpulan berupa karakteristik kepemimpinan seseorang.

Terdapat 8 karakteristik atau gaya kepemimpinan seseorang. ke delapan gaya kepemimpinan tersebut adalah :

  1. Executive
  2. Developer
  3. Benevolent Autocrat
  4. Bureaucrat
  5. Missionary
  6. Compromiser
  7. Autocrat
  8. Deserter

8 gaya kepemimpinan tersebut merupakan output atau hasil dari pelaksanaan tes MSDT. Tentu saja masing-masing dari 8 gaya kepemimpinan tersebut memiliki karakteristik dan ciri khas masing-masing, seperti misalnya Bureaucrat yang lebih mementingkan kedisiplinan dan penerapan aturan di dalam suatu organisasi.

Mana Gaya Kualitas Kepemimpinan Yang Paling Efektif?

Untuk melihat gaya kepemimpinan mana yang paling efektif, tentu saja kita juga perlu melihat dari berbagai aspek, salah satunya adalah tujuan organisasi, yang terlihat dari visi dan misi organisasi atau perusahaan tersebut. Apabila suatu organisasi berbentuk organisasi non-profit dan sifatnya sukarela, gaya kepemimpinan yang menekankan kedisiplinan dan aturan mungkin kurang cocok diterapkan. Yang lebih cocok adalah gaya kepemimpinan yang berkaitan dengan keharmonisan organisasi agar organisasi tersebut mampu bertahan meskipun bukan merupakan organisasi non-profit.

Karena itu, dalam menentukan gaya kepemimpinan seseorang, dan melihat apakah seseorang cocok untuk memimpin suatu organisasi / perusahaan, perlu diperhatikan kecocokan aspek kepribadian, gaya kepemimpinan, dan juga aspek dari organisasi atau perusahaan itu sendiri, agar pemimpin yang terpilih mampu untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan membantu suatu organisasi atau perusahaan mencapai tujuan organisasi yang tertuang dalam visi dan misi. By: Eduardus Pambudi