Terkuak Sudah!! Sebuah Cara Mengenali Potensi Diri Masa KiniCara mengenali potensi diri – Potensi diri adalah bekal awal untuk mendapatkan sebuah kepandaian, keahlian sehingga apa yang dilakuakan seseorang bisa lebih maksimal. Setiap orang terlahir dengan potensi pada dirinya, baik yang sudah jelas terlihat maupun yang masih belum terlihat. Ada banyak sebenarnya orang yang memiliki potensi besar, namun masih belum menyadari apa potensi yang ada dalam dirinya.

Mengetahui potensi yang ada dalam diri kita adalah sebuah langkah besar untuk kemudian menentukan seperti apa nasib kita kedepannya nanti. Misalnya saja, ketika potensi yang ada dalam diri masih belum kita ketahui, maka bisa jadi kita akan memilih jurusan yang tidak sesuai dengan potensi kita. Kemudian akan berimbas pada psikologis kita, sehingga tidak bisa berkembang dengan baik. Oleh karenanya, kenalilah dahulu potensi diri barulah kita menentuka mau dibawa kemana hidup kita dimasa depan nantinya.

Berikut ini adalah bagaimana cara mengenali potensi diri, karena masalah menggali potensi itu sangat penting.

  1. Ketahui Apa Impianmu

Cara mengenali potensi diri yang pertama adalah dengan menetahui apa impian kita. Sebagai seorang insan, sudah tentu kita memiliki impian yang ingin kita wujudkan sesegera mungkin. Kita boleh memiliki banyak impian, tetapi usahakan tetap berfokus pada impian terbesarmu. Misalnya saja kita ingin menjadi seorang penulis besar, maka cobalah gali potensi itu. siapa tahu memang benar potensi itu ada dalam diri kita. Dengan mengetahui apa impian yang ingin kita capai, pasti mudah untuk kita mengetahui potensi yang ada dalam diri

  1. Ketahui Apa Kesukaan Kita

Cara selanjutnya untuk bisa mengenali potensi dalam diri adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang kita suka. Karena kebanyakan potensi itu berawal dari kesukaan. Misalkan saja seseorang menyukai bermain musik, lalu bisa kita pastikan potensinya lumayan besar dalam konstribusi musik, entah itu menjadi pemain musik atau pembuat lagu, syair atau semacamnya. Karena potensi akan mudah berkembang ketika melakukan apa yang kita sukai.

  1. Kenali Apa Keahlian Kita

Cara selanjutnya untuk bisa mengetahui apa potensi yang ada dalam diri kita adalah dengan mengenali terlebih dahulu apa keahlian kita. Misalkan saja, keahlian kita adalah dalam berbicara di depan publik maka potensi ini perlu dikembangkan sehingga nantinya kita bisa menjadi seorang public speaking. Atau jika keahlian kita adalah menghafal maka cobalah untuk mengambil jurusan sejarah atau jurusan yang lebih mengedepankan ilmu hafalan.

  1. Kenali apa yang membuat kita merasa nyaman

Cara untuk mengetahui atau mengenali potensi yang ada dalam diri adalah mengenal terlebih dahulu kegiatan atau pelajaran apa saja yang membuat kita merasa lebih nyaman. Misalkan saja kita lebih merasa nyaman dengan pelajaran sains maka lebih baik mengambil jurusan yang bukan sosial. Hal ini dikarenakan ketika kita mengambil jurusan sosial, maka akan sulit untuk kita beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Kita perlu mengetahui potensi apa yang ada dalam diri kita, karena kita hidup tidak boleh hanya menjadi daun kering yang terbawa arus. Akan tetapi, akan ada saatnya ketika kita harus mencoba melawan arus atau dengan perumpamaan kita menjadi ikan yang melawan arus. Demikian sedikit artikel mengenai cara mengenali potensi diri, semoga bermanfaat. By: Nurus Syarifatul ‘Aini