Apakah Saat Ini Saya Tengah Mengalami Gangguan Panik?

Apakah Saat Ini Saya Tengah Mengalami Gangguan Panik?

October 19, 2016 Off By admin

Apakah Saat Ini Saya Tengah Mengalami Gangguan Panik?Nama : adri
E-mail : mayxx.adri@yxxx.com Isi Konsultasi : Saya sering mengalami Gangguan panik dan ketakutan yang menurut saya mungkin tidak wajar… saya sering panik ketika saya diminta untuk “berbicara” didepan umum, mungkin ini wajar bgi sebagian orang tetapi yang saya alami cukup membuat saya seperti kehabisan nafas, gemetar dan sbagainya saya pernah membaca artikel tentang sindrom kepanikan apakah yang saya alami termasuk sindrom itu??? … saya jg sering takut ketika saya tidur dan mendengar bunyi2an itu membuat saya parno sendiri sampai membayangkan hal-hal yang aneh seperti adanya pencuri yang masuk rumah dan akan menyakiti saya dan itu membuat saya tidqk bisa tertidur…. apakah kepanikan dan ketakutan yang saya alami masih dalam bang batas kewajaran atau tidak?? Dan bgmn caranya agar saya bisa mengwndalikam kepanikan dan ketakutan yang saya alami? Trimakasih

Jawaban: Melihat situasi yang anda ceritakan melalui redaksi psikoma.com, maka ada kemungkinan anda mengalami yang namanya serangan panik. Dan, situasi berbicara di depan umum yang menjadi penyebab kepanikan anda, bisa dikategorikan juga sebagai social phobia. Namun demikian, perlu asesmen lebih dalam, mengenai apakah anda juga mengalami social phobia.

Serangan Panik

Serangan panik sendiri bisa berdiri sendiri, ataupun muncul dengan adanya fobia spesifik. Serangan panik yang terjadi secara berulah bisa berkembang menjadi apa yang dikenal dengan gangguan panik. Berikut ini adalah beberapa ciri dari munculnya serangan panik yang akan memuncak selama kira-kira 10 menit:

  1. Jantung berdebar kuat
  2. Berkeringat
  3. Gemetar dan berguncang
  4. Sesak nafas, dan serasa tertahan
  5. Terasa seperti tercekik
  6. Rasa nyeri pada bagian dada
  7. Mual dan masalah pada bagian lambung atau perut
  8. Merasa pusing, bergoyang, seperti ingin melayang dan pingsan
  9. Merasa bukan dirinya sendiri
  10. Seringkali mati rasa, atau geli (kesemutan)
  11. Menggigil

Serangan panik yang terjadi secara berulang, dan terjadi seringkali muncul rasa takut akan mengalami serangan tambahan, takut akan menjadi kehilangan kendali, dan juga perubahan perilaku bermakna selama 1 bulan, akan berkembang menjadi gangguan panik.

Yang menarik, anda menyebutkan situasi sosial tertentu yang menyebabkan anda memunculkan serangan panik / gangguan panik, yaitu ketika akan berbicara di depan umum. Situasi sosial ini bisa saja mengarah kepada adanya gangguan social phobia.

Untuk memastikan kondisi yang anda alami, maka diperlukan asesmen berupa observasi, wawancara, dan juga pengukuran lain terkait masalah atau keluhan yang anda hadapi.

Masalah Takut Ketika Tidur dan Merasa Parno

Anda juga mengatakan bahwa anda seringkali takut ketika tidur, dan seringkali parno, takut adanya pencuri di rumah anda yang akan menyakiti anda. Bisa jadi hal ini merupakan gangguan kecemasan umum, dimana anda menjadi merasa cemas tentang apa yang akan anda hadapi nanti. Selain itu, ada kecenderungan paranoid di dalam diri anda (terlihat dari adanya ketakutan akan disakiti oleh orang lain).

Wajar Atau Tidak?

Untuk mengetahui hal tersebut wajar atau tidak, anda harus melihat ke dalam diri anda sendiri. Apakah masalah atau keluhan yang anda kirimkan ke redaksi psikoma.com ini mengganggu aktivitas anda sehari-hari? Kalau dari yang terlihat, masalah ini cukup mengganggu anda, karena membuat anda sulit berbicara di depan umum, dan membuat anda merasa sulit atau takut ketika tidur.

Ketika masalah atau keluhan anda sudah mulai mengganggu aktivitas anda, maka hal ini bisa menjadi sesuatu yang tidak wajar, dan mempengaruhi fungsi sosial anda.

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba untuk melakukan teknik-teknik relaksasi pernapasan, terutama ketika anda merasa cemas dan juga merasa parno. Teknik relaksasi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang mengalami masalah kecemasan.  Selain relaksasi pernapasan, mengikuti kelas yoga, dan juga melakukan meditasi juga bisa membantu anda untuk mengurangi kecemasan dan rasa parno yang anda rasakan. Psikologi Mania