Teknik Terapi Flooding, Teknik Menghadapi Ketakutan Secara LangsungBanyak dari kita yang memiliki ketakutan, kecemasan, dan juga kekhawatiran tertentu, yang mungkin saja membawa kita kepada gangguan kecemasan yang dikenal dengan istilah phobia.  Nah, masih banyak yang bingung, bagaimana sih cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi ketakutan ini. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghadapi ketakutan secara langsung ini adalah menggunakan teknik terapi flooding. Apa itu teknik terapi flooding, dan bagaimana cara kerja dari teknik terapi flooding ini untuk menghadapi ketakutan secara langsung? Yuk simak sedikit penjelasan di bawah ini.

Teknik Terapi Flooding

Sumber Ketakutan

Sebelum memahami mengenai flooding dan menghadapi ketakutan secara langsung, perlu anda pahami terlebih dahulu sumber ketakutan yang muncul pada diri anda. Ada banyak sekali sumber ketakutan yang muncul, sehingga berujung pada munculnya gangguan kecemasan, kekhawatiran, hingga phobia. Kebanyakan sumber ketakutan muncul dari objek ataupun benda tertentu,  yang diasosiasikan dengan hal yang tidak menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa sumber ketakutan yang umum terjadi pada banyak orang :

  • Takut terhadap binatang tertentu
  • Takut akan ketinggian dan situasi yang tidak menyenangkan
  • Takut akan peristiwa dan kejadian yang mirip dengan pengalaman traumatis

Dari beberapa sumber ketakutan tersebut, anda tidak mungkin harus menghindar selamanya. Anda bisa menghadapi ketakutan tersebut dengan menggunakan teknik terapi flooding.

Apa Itu Teknik Flooding?

Teknik flooding, menurut Martin dan Pear (2011) adalah sebuah teknik behavioral yang menghadirkan secara langsung stimulus atau sumber ketakutan (situasi, objek, benda, dan lainnya) yang menyebabkan seseorang mengalami ketakutan.

Flooding apabila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah pembanjiran, memiliki makna, seseorang atau anda yang merasa takut akan sesuatu, akan “dibanjiri” oleh sumber ketakutan anda sendiri, dan anda tidak boleh menghindarinya.

Contohnya saja misalnya anda takut dengan kecoa. Maka, ketika anda menggunakan teknik terapi flooding ini untuk menghadapi ketakutan secara langsung, maka anda akan langsung dihadapkan dengan kecoa, dan anda akan belajar untuk menghadapi ketakutan anda sendiri. Begitu pula dengan situasi lainnya. Apabila anda takut dengan ketinggian misalnya, anda akan langsung ditempatkan pada gedung dengan lantai yang tinggi, dan anda akan langsung disuruh melihat ke bawah.

Banyak yang berkomentar bahwa teknik ini tergolong sadis, karena seseorang akan langsung dihadapkan dengan apa yang menjadi sumber ketakutannya secara langsung. Namun demikian, prinsip utama dari teknik ini adalah menghilangkan rasa takut, dengan cara langsung menghadapkan dengan sumber ketakutannya. Jadi, memang seperti inilah teknik flooding tersebut.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengaplikasikan Teknik Terapi Flooding

Dalam melakukan teknik flooding, ada hal yang secara praktikal harus diperhatikan, antara lain adalah :

  1. Keamanan subjek (orang yang ingin dihilangkan ketakutannya), harus ada orang lain yang membantu menenangkan, dan mencegah supaya subjek tidak melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya sendiri.
  2. Pemahaman mengenai teknik relaksasi, supaya subjek mampu untuk rileks dan tenang ketika menghadapi ketakutannya sendiri
  3. Ruangan yang aman, misalnya saja takut akan ketinggian, maka keamanan dari ruangan harus diperhatikan, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan.

Nah, itu adalah penjelasan singkat mengenai teknik terapi flooding, yaitu sebuah teknik untuk menghadapi ketakutan secara langsung. Selamat mencoba. By: Eduardus Pambudi