Taukah Anda Apa Itu Kesehatan Jiwa?Memahami tentang kesehatan jiwa tentu tentu akan memiliki beberapa kesehatan pada umumnya. Dimana jika kesehatan pada umumnya mengacu pada sebuah kondisi kesejahteraan daripada badan, sosial, dan jiwa yang mana memungkinkan untuk orang yang sehat tersebut produktif secara sosial maupun ekonomi. Namun apabila membahas tentang apa itu kesehatan jiwa, maka kita akan berbicara mengenai kesejahteraan daripada kondisi psikologis dan dampak daripada jiwa yang sehat itu sendiri.

Secara arti jika merujuk pada pengertian dari apa itu kesehatan jiwa yaitu sebuah perasaan sehat dan juga bahagia hingga seseorang tersebut mampu untuk menghadapi tantangan hidup, dan juga dapat menerima orang lain sebagaimana mestinya. Orang yang memiliki kesehatan jiwa yang sehat memiliki sikap yang positif terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Lalu apa saja ciri-ciri Orang yang Memiliki Kesehatan Jiwa?

Orang yang memiliki ciri-ciri dari kesehatan jiwa yang baik memiliki sikap yang akan merasa nyaman terhadap diri sendiri, akan selalu merasa nyaman dalam hal berhubungan dengan orang lain, dan juga mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

  1. Selalu Merasa Nyaman Pada Diri Sendiri

Mereka yang memiliki perasaan kesehatan jiwa yang baik salah satunya adalah merasa nyaman pada dirinya sendiri. Selain itu mereka juga akan mampu dalam mengelola secara baik perasaan marah, takut, cemas, iri, rasa bersalah, cinta, senang, dan lain sebagainya.

Ia akan selalu nyaman dalam menghadapi beberapa persoalan seperti rasa kekecewaan yang sedang ia alami dalam hidupnya, memiliki harga diri yang wajar, mampu untuk menilai diri sendiri secara nyata, dan tak merendahkan atau melebih-lebihkan. Dan yang terakhir adalah kepuasan yang dirasakan normal dimana hal tersebut tidaklah tinggi dan juga tidak pula rendah.

  1. Selalu Merasa Nyaman Berhubungan Dengan Orang Lain

Orang yang memiliki kesehatan jiwa yang baik akan mampu mencintai dan menerima cinta dari orang lain. Ia tidak merasa tertekan dan terancam karena perasaan cinta yang di rasakan. Mempunyai hubungan pribadi yang tetap, mempercayai orang lain, serta dapat menghargai orang yang berbeda dengannya

Nyaman berhubungan dengan orang lain juga termasuk pada sikapnya yang tidak mengakali orang lain, dan juga tidak membiarkan dirinya untuk di akali orang lain.

  1. Mampu Memenuhi Kebutuhan Hidup

Ciri orang dengan kesehatan jiwa yang terakhir adalah ia mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhan hidup tersebut seperti menetapkan tujuan hidup yang nyata untuk dirinya, mampu mengambil keputusan, dapat menerima tanggung jawab yang di berikan kepadanya, mampu untuk merancang masa depan yang lebih baik, hingga menerima ide ataupun pengalaman hidup.

Saat beberapa ciri di atas telah ada pada diri kita maka saat itulah kesehatan jiwa telah menjadi representasi kehidupan kita. Ciri di atas akan sempurna saat kondisi spiritual yang anda miliki juga meningkat kualitasnya. Itulah beberapa hal tentang kesehatan jiwa yang dapat menjadi pedoman bagi kehidupan kita. By: Muhamad Fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia