TAT (Thematic Apperception Test) Strategi Jitu Mengetahui KepribadianJenis alat test psikolgi lainnya yang cukup populer untuk digunakan adalah test TAT atau yang merupakan Thematic Apperception Test. Test ini merupakan jenis test kepribadian dalam bentuk pictorial, alias test yang menghadirkan stimulus berupa gambar – gambar, dimana nantinya klien atau peserta diminta untuk menceritakan gambar yang ada pada masing – masing kartu. TAT merupakan jenis test individual, dan tidak bisa diaplikasikan ke dalam test kelompok atau klasikal. Dasar teori utama dari TAT adalah teori mengenai Psikoanalisa, yaitu mengenai konflik, needs, press, dan juga defense mechanism.

TAT merupakan salah satu test yang paling baik dalam mengungkapkan konflik dan kepribadian individu. namun demikian, skoring dan interpretasi dari TAT membutuhkan pengalaman yang tinggi, karena cenderung subjektif dalam menilai, dan banyak aspek yang dinilai, serta tidak memilki norma – norma skoring secara kuantitatif yang terstandar.

TAT sendiri terdiri dari da macam versi, yang banyak digunakan. Berikut ini adalah kedua macam versi tersebut :

  1. Versi Murray

Versi Murray menghadirkan TAT sebagai test yang cukup panjang, yaitu terdiri dari 20 kartu, dan terdapat ketentuan jenis kelamin ataupun usia tertentu pada masing – masing kartu.

  1. Versi Bellak

Versi Bellak merupakan test TAT dengan administrasi yang lebih mudah dan juga simple, yaitu hanya menghadirkan 10 buah kartu saja, tanpa terikat dengan jenis kelamin dan juga usia.

Administrasi dari TAT

TAT (Thematic Apperception Test) Strategi Jitu Mengetahui KepribadianSecara umum, administrasi dari TAT sangatlah mudah. Peserta atau klien tidak perlu menuliskan atau mengerjakan sesuatu, cukup memberikan cerita mengenai masing – masing gambar yang ada di dalam kartu. Cerita yang diberikan oleh klien atau peserta biasanya mencakup :

  1. Kejadian apa yang ada di dalam gambara
  2. Kejadian sebelum, atau yang mengawali kejadian yang ada di gambar
  3. Kejadian setelahnya atau akhir cerita
  4. Tokoh utama
  5. Perasaan, ataupun momen – momen khusus yang ada di dalam cerita

Apabila menggunakan TAT versi Bellak, maka test ini cukup menggunakan 1 sesi saja, dengan waktu kurang lebih 50 hingga 60 menit, dengan asumsi 1 kartu diceritakan dalam waktu 5 menit.

Sedangkan apabila menggunakan TAT versi Murray, maka harus menggunakan 2 sesi, dimana sesi pertama untuk 10 kartu pertama, sedangkan sesi kedua adalah sisanya. TAT versi Murray memang lebih padat dan juga kompleks. Selain itu, dalam TAT versi Murray, terdapat satu blank card atau kartu kosong, dimana klien atau peserta bebas untuk menceritakan apapun yang dia lihat, pikir dan juga persepsikan.

Skoring dan juga Interpretasi dari TAT

TAT (Thematic Apperception Test) Strategi Jitu Mengetahui KepribadianSecara umum, TAT memilki skoring dan juga interpretasi yang cukup kompleks. Setiap cerita yang diberikan oleh klien atau peserta dianalisis, dan dicari beberapa poin pentingnya, yaitu :

  1. Tokoh Utama

Tokoh utama merupakan representasi atau proyeksi dari diri klien atau peserta. Biasanya tokoh utama cenderung memiliki karekteristik kepribadian yang sama dengan klien atau peserta.

  1. Needs dan Press dari tokoh utama

Needs dan juga Press ditentukan berdasarkan hal apa yang menimpa tokoh utama. Need dan Press ini dilihat berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Murray.

  1. Konflik dari tokoh utama

Konflik dapat terlihat, ketika tokoh utama ingin melakukan sesuatu, namun tidak selesai, akibat satu dan lain hal. Identifikasi terhadap konflik membutuhkan pengalaman yang cukup dalam pengetesan TAT, dan cukup sulit bagi pemula.

  1. Defence Mechanism

Defense Mechanism merupakan teori yang dikembangkan oleh Freud, menunjukkan bagaimana tokoh utama (proyeksi dari klien atau peserta) dalam menahan diri mereka sendiri untuk melakukan sesuatu.

  1. Pandangan atau konsepsi tentang dunia

Pandangan atau konsepsi tentang dunia dilihat dari sudut pandang hero atau tokoh utama, yagn terlihat dari situasi yang tergambar dari cerita klien atau peserta.

TAT secara umum mampu untuk menggambarkan berbagai macam situasi kehidupan nyata yang dialami oleh klien atau peserta. TAT mampu untuk mendeskripsikan kecemasan yang dimilki oleh klien atau peserta, kapasitas inteligensi, hubungan peserta atau klien dengan lingkungan sekitar, seperti teman, orangtua dan keluarga. Melihat kebutuhan dan tekanan – tekanan yang dialami oleh klien atau peserta, dan bagaimana peserta menghadai kecemasan, ataupun konflik yang dialami, terutama menggunakan Defense Mechanism alias mekanisme pertahanan ego, serta memahami mengenai kapasitas super ego dalam meregulasi perilaku dari klien atau peserta.

By: Eduardus Pambudi