Tarot Online Masa Kini Dan Sudut Pandang Dari Ilmu Psikologi

Tarot Online Masa Kini Dan Sudut Pandang Dari Ilmu Psikologi

December 4, 2018 Off By Admin

Tarot Online Masa Kini Dan Sudut Pandang Dari Ilmu PsikologiTarot Online – Saat tengah berselancar di media sosial, seringkali kita melihat ada rekan, ataupun orang yang telah menjadi pertemanan kita membagikan hasil ramalan online yang memperlihatkan karakternya. Ramalan atau tarot online yang menampilkan sejumlah karakter dimana dalam hasil tersebut digambarkan sifat yang ada pada dirinya. “Kamu orangnya pekerja keras, dan menyukai tantangan”, “Kamu adalah tipikal orang yang baik hati, namun dalam satu waktu memiliki sisi misterius yang tak mudah ditebak”.

Hasil-hasil yang sejatinya bersifat umum, akan tetapi sukses membuat orang tersebut merasakan bahwasanya seolah-olah apa yang ditampilkan oleh aplikasi di media sosial tersebut adalah sebuah kebenaran. Tak hanya itu saja, bahkan hasil yang ada tersebut dijadikan sebuah rujukan dan bahan referensi untuk memperkenalkan diri di depan umum.

Melihat fenomena seperti itu tentu saja kita bisa melihat dari sudut pandang ilmu psikologi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog dari Amerika serikat, bernama Bertram r forer pada tahun 1956. Penelitian yang berjudul the fallacy of personal validation a classroom demonstration of gullibility menemukan bahwa orang akan mudah percaya pada sesuatu hal yang sejatinya bersifat umum namun karena sedikit atau sebagian mirip dengan apa yang dirasa, akhirnya menganggap bahwa itu adalah benar-benar gambaran dirinya secara keseluruhan.

Efek bernaum ini berkaitan dengan sebuah validitas yang sifatnya subjektif. Hal ini terjadi manakala seorang individu dihadapkan pada sebuah peristiwa yang sejatinya berbeda dan juga tak memiliki hubungan sama sekali, akan tetapi inividu tersebut mencari-cari kaitan yang memiliki persamaan dengan dirinya. Sehingga pada saat ada sedikit saja hal yang dirasakan sama, maka hal tersebut dianggap sama secara keseluruhan.

Diluar daripada itu, ramalan online yang banyak muncul saat ini hingga hasilnya tak sedikit di bagikan di media sosial umumnya memanfaatkan rasa narsis dalam diri seseorang. Seperti diketahui sifat narisis itu sendiri adalah kecintaan yang berlebihan terhadap diri sendiri.

Artinya seseorang yang cinta terhadap dirinya akan selalu menampilkan citra positif diri, sehingga akan menyukai segala sesuatu hal yang mendukung pembangunan citra positif itu sendiri. Dan ramalan online yang hadir di tengah kita saat ini, sangat jarang yang menampilkan hasil bacaan karakter yang negative. Sebagian besar mereka akan memperlihatkan hasil yang positif pada diri seseorang.

Maka jangan heran, apabila ramalan online ini menjadi sebuah bisnis baru yang berpotensi mendatangkan keuntungan yang amat besar. Minimal keuntungan yang akan mereka dapatkan dari kecendrungan orang menicntai dirinya adalah dalam bentuk iklan, adsense hingga pembelian aplikasi milik pengembang secara premium.

Menggunakan ramalan online yang dianggap sebagai sebuah platform yang valid untuk mengetahui karakter diri memang tak salah. Namun dari sini kita dapat melihat sebuah potensi bisnis besar yang memanfaatkan aspek narisisme seseorang.

Bisnis tarot online saat ini

Dalam sebuah kesempatan penulis melihat salah satu situs penyedia ramalan online seperti id.nametests.com di worth of web sebuah situs yang mengkalkulasi nilai beserta keuntungan tersebut. Dan nilainya luar biasa situs id.nametests.com memiliki estimasi harga sebesar 22 juta dolar, dengan keuntungan harian sebesar $ 3,554 atau per minggu $ 106,620 atau dalam satu tahun mampu meraupu $ 1,2 juta. Angka tersebut memang masi estimasi, namun kita bisa melihat gambaran menguntungkan dari bisnis ini bukan?

Semoga hal ini dapat menjadi bahan wawasan kita dan bermanfaat. By: Muhamad Fadhol Tamimy (co-founder psikoma.com)