Kenali Tanda-Tanda Masalah Kesehatan Mental Pada Diri AndaTanda Masalah Kesehatan Mental. 10 Oktober didaulat menjadi hari kesehatan mental sedunia. Kesehatan mental adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki, selain kesehatan fisik tentunya. Kesehatan mental akan membantu anda dalam menghadapi berbagai macam permasalahan hidup, dan membantu anda menjadi individu yang lebih bahagia dan juga bermakna.

Catatan CDC atau Centers for Disease Control and Prevention mengatakan bahwa sekitar 25% orang dewasa mengalami masalah pada kesehatan mental, dan 50% diantaranya mengalami kondisi gangguan kesehatan mental ini sepanjang hidupnya. 20 hinga 30 persen anak-anak juga disinyalir mengalami masalah kesehatan mental.

Kenali Tanda-Tanda Masalah Kesehatan Mental Sedini Mungkin

Salah satu hal yang bisa menjamin dan membuat kesehatan mental anda menjadi lebih baik adalah dengan mendeteksi tanda-tanda masalah kesehatan mental sedini mungkin. Anda harus peka terhadap kondisi kesehatan mental diri anda sendiri, dan orang-orang yang anda sayangi di sekitar anda.

Lalu, bagaimana anda bisa mendeteksi dan mengenali tand- tanda masalah kesehatan mental ini? Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah melakukan observasi. Anda bisa melakukan observasi terhadap simptom atau gejal- gejala yang umum muncul pada mereka yang mengalami masalah kesehatan mental.

Tanda Kesehata Mental Pada Anak

Pada anak-anak, ada beberapa simptom atau gejala yang bisa menunjukkan masalah kesehatan mental yang muncul, antara lain adalah :

  1. Adanya perubahan prestasi dan kemampuan di dalam lingkungan sekolah, seperti misalnya nilai yang menurun, tidak naik kelas, masalah relasi dengan teman sekolah dan juga guru, dan sebagainya.
  2. Munculnya kecemasan yang berlebihan, misalnya takut untuk masuk sekolah, tidak mau bertemu dengan teman di sekolah, takut dengan gurunya, atau takut untuk pergi tidur.
  3. Perilaku-perilaku yang hiperaktif, loncat-loncat selama belajar di kelas, tidak bisa diam, banyak berbicara, dan sebagainya
  4. Munculnya mimpi buruk yang teratur, dan sering muncul setiap saat
  5. Munculnya agresi, tidak patuh, dan melawan orang yang lebih tua. Berhubungan juga dengan perilaku konduksi dan juga kekerasan.
  6. Temper tantrum, mudah mengamuk apabila tidak diberikan barang yang diinginkan, merusak dan sering mengamuk

Apabila anda melihat kecenderungan perilaku tersebut pada anak-anak, maka anda harus segera mencari cara yang efektif untuk mengatasi hal tersebut, agar tidak berkelanjutan dan menjadi masalah yang besar.

Pada orang dewasa, terdapat beberapa simptom atau gejala umum dari Tanda Masalah Kesehatan Mental yang biasa muncul, antara lain adalah :

  1. Rasa takut dan cemas yang berlebihan seperti misalnya phobia.
  2. Merasa sedih dan juga depresi secara berlebihan
  3. Sering mengalami kebingungan dalam berpikir, sulit berkonsentrasi dan mengalami masalah belajar
  4. Munculnya perubahan mood yang ekstrim
  5. Sensitif, dan mudah marah secara konsisten dan tetap
  6. Sering menghindari pertemanan dan juga aktivitas sosial
  7. Masalah tidur, insomnia, dan perubahan pada kebiasaan tidur
  8. Masalah gangguan makan, tidak selera makan, atau mudah merasa lapar
  9. Mengalami halusinasi, delusi, dan sulit untuk mempersepsikan realitas yang ada.
  10. Ketergantungan alkohol dan obat-obatan
  11. Suicide idea, keinginan untuk bunuh diri dan mengakhiri hidup

Itulah 11 tanda-tanda masalah kesehatan mental yang sering muncul pada usia dewasa. Dengan adanya tanda-tanda masalah kesehatan mental ini, diharapkan anda menjadi lebih peka dan juga lebih memahami mengenai apa itu kesehatan mental, dan apa saja hal-hal yang menjadi ciri atau tanda masalah kesehatan mental yang sering muncul.  By: Eduardus Pambudi