Apakah Anda Memiliki Kesehatan Mental Yang Baik? Kenali Tanda-Tanda Kesehatan Mental Yang BaikKesehatan mental yang baik adalah salah satu ciri-ciri individu yang sehat. Banyak orang terlalu fokus pada kesehatan fisik mereka sendiri, dan cenderung kurang awas dengan kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental adalah salah satu hal yang penting yang harus dijaga agar kehidupan menjadi lebih sejahtera. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa anda memiliki kesehatan dari mental yang baik :

Tanda Kesehatan Mental Yang Baik

  1. Tidak mudah stress

Stress merupakan salah satu masalah psikologis, dan juga masalah kesehatan mental yang banyak muncul pada siapapun. Stress adalah hal yang wajar, namun ketika anda terlalu mudah mengalami stress, maka itu adalah tanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan mental anda.

Anda yang memiliki kesehatan mental yang baik akan lebih tahan terhadap stress, dan tidak mudah mengalami stress. Jadi apabila anda memang jarang sekali merasa stress karena hal kecil, maka selamat, anda memiliki kesehatan mental yang baik.

  1. Emosi yang stabil

Emosi merupakan suatu respon afeksi yang berbentuk emosi positif dan juga emosi negatif. Apabila anda memiliki emosi yang stabil, artinya mampu mengontrol dan mengatur emosi di dalam diri anda, maka anda adalah individu yang sehat secara mental. Misalnya saja ketika diledek, anda tidak mudah marah dan sanggup mengontrol emosi anda. itulah salah satu tanda kesehatan mental yang baik.

  1. Selalu berpikir positif

Apapun yang terjadi, baik atau buruknya suatu pengalaman yang anda terima, berpikir positif adalah kunci dari kesehatan mental yang luar biasa. Ketika anda mampu untuk berpikir positif di berbagai situasi, maka anda dipastikan memiliki kesehatan daripada mental yang baik.

Tidak perlu berlebihan dalam optimis, paling tidak anda mampu untuk menerima setiap kejadian dengan rendah hati, dan percaya bahwa pasti ada suatu makna lain dari kejadian yang anda alami. Itu juga merupakan sebuah contoh dari berpikir positif yang menunjukkan anda sehat secara mental.

  1. Motivasi tinggi dan selalu bersemangat

Motivasi tinggi, selalu memiliki semangat dan passion yang tinggi dalam melaksanakan berbagai aktivitas adalah ciri dan tanda lainnya dari mental yang sehat. Apapun kegiatan dan aktivitas yang anda lakukan, apabila anda mampu bersemangat dan passion dalam melakukannya, maka pastinya anda sangat sehat secara mental

  1. Tidak mudah iri hati, dengki, sensitif, dan juga sirik

Sudah sangat jelas, hal tersebut adalah sebuah masalah yang sering dialami oleh mereka yang kesehatan mentalnya kurang baik. Mereka yang sehat secara mental akan sangat jarang sinis, iri hati, dengki, dan juga sensitif dengan orang lain. Kebalikannya, individu yang sehat secara mental akan sangat kooperatif dan menerima kekurangan diri sendiri dan juga kekurangan orang lain.

  1. Menerima kritik

Kritik, sepedas apapun itu akan selalu dipandang sebagai hal yang membangun bagi orang yang sehat secara mental. Kritik akan ditanggapi dan diterima dengan rendah hati, bukan dengan rasa kesal, marah, bersungut-sungut dan keinginan untuk membalas dendam.

Itulah 6 tanda bahwa anda adalah orang yang sehat secara mental. Bagaimana? Apakah anda sudah merasakan bahwa anda memiliki kesehatan mental yang baik? Atau malah sebaliknya? By: Eduardus Pambudi