Tanda Bahwa Anda Seorang Komunikator yang Baik

Untuk menjalin sebuah komunikasi tentunya membutuhkan keterampilan penyampaian secara lisan maupun tulisan. Namun untuk kali ini kita akan membahas komunikasi secara lisan. Pernahkah anda merasa bahwa anda adalah seorang komunikator yang baik? Mari kita bandingkan dengan pernyataan berikut ini :

  1. Seberapa Nyaman Lawan Bicara Anda?

Belum bisa dikatakan bahwa anda merupakan salah seorang komunikator yang baik apabila lawan bicara anda merasa gelisah, tidak nyaman sehingga dari bahasa tubuhnya menandakan ingin segera mengakhiri pembicaraan dengan anda.

  1. Kedekatan Emosional dengan Lawan Bicara

Sebagai komunikator yang baik, sudah seharusnya anda bisa melakukan pendekatan secara emosional terhadap lawan bicara anda. Salah satu tips paling ampuh untuk melakukan pendekatan emosional yakni dengan menyebut nama dari lawan bicara anda. Hal terpenting dari tips menyebut nama yakni dengan memperkirakan nama panggilan yang sekiranya menyenangkan bagi lawan bicara anda.

  1. Seberapa Baik Respon Lawan Bicara Anda?

Respon lawan bicara terhadap tema pembicaraan yang anda sampaikan juga menjadi indikator seberapa baik keterampilan komunikasi yang anda bangun. Kebanyakan orang pada umumnya akan memberikan respon yang baik terhadapa segala hal baik yang disampaikan kepadanya.

  1. Seberapa Faham Lawan Bicara Anda?

Untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari sebuah pembicaraan tentunya butuh jam terbang yang tidak sedikit. Hal ini karena maksud dan tujuan adalah inti dari setiap pembicaraan jadi bagaimanapun caranya, seorang komunikator yang baik harus bisa membuat lawan bicara untuk faham terhadap apa yang ingin anda sampaikan.

  1. Seberapa Tinggi Tingkat Kepercayaan Lawan Bicara

Membangun sebuah komunikasi pada dasarnya juga bisa dikatakan dengan membangun interaksi yang didukung dengan adanya rasa kepercayaan. Melatih untuk selalu menyampaikan maksud dan tujuan dengan argument yang masuk akal dapat berpotensi membuat lawan bicara anda merasa percaya terhadap apa yang anda sampaikan. Selain pandai menyampaikan tentunya anda juga mempunyai bahan pembicaraan yang bisa menarik perhatian lawan bicara anda sendiri.

  1. Tercapaikah Maksud dan Tujuan Anda?

Hasil akhir dari sebuah pembicaraan atau komunikasi adalah persentase kesuksesan tercapainya maksud dan tujuan awal dari interaksi yang anda bangun. Sebagai seorang komunikator yang baik tentunya lawan bicara tidak akan banyak melakukan banyak pertimbangan untuk menyetujui apa yang baru saja anda sampaikan.

  1. Seberapa Baik Hubungan Kerjasama Selanjutnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan membangun komunikasi tidak selamanya berjalan mulus. Bahkan ada beberapa pihak yang merasa kurang mantap dalam mengambil keputusan setelah melakukan komunikasi dengan anda. Tentunya hal ini menjadi pertimbangan penting bagi seseorang untuk menganggap anda adalah seorang komunikator yang baik. By : Nurus Syarifatul ‘Aini