Tampil Percaya Diri Di Tempat UmumTampil berani dan percaya diri di tempat umum merupakan kemampuan yang tak dimiliki oleh setiap orang. Mereka yang mampu untuk tampil percaya diri di temapt umum, biasanya memiliki jam terbang tinggi tampil di acara formal ataupun nonformal.

Pentingnya untuk memiliki rasa percaya diri, pada akhirnya membuat sebagian orang rela untuk membeli aneka buku buku pengembangan diri yang berbasis psikologi. Selain itu mereka pun kerap untuk mencari sumber referensi di media online, hingga mengikuti pelatihan training motivasi, yang tentunya mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Bayangkan saja untuk mengikuti training motivasi kepercayaan diri ada yang mematok investasi sebesar 200 ribu sampai dengan 1,5 juta untuk satu kali menghadiri orang bercuap-cuap di depan umum.

Padahal dengan investasi sebesar itu anda bisa mengalokasikan ke hal-hal yang lebih bermanfaat seperti bersedekah pada orang-orang yang lebih membutuhkannya. Bayangkan saja jika anda menyumbangkan uang sebesar 1,5 juta tersebut kepada 15 orang masing-masing 100 ribu, maka anda akan mendapatkan kebaikan hingga doa yang membawa anda ke jalan keberuntungan dari ke 15 orang tadi.

Ada cara yang sebenarnya tidak kita sadari, namun hal tersebut justru ampuh untuk membuat kepercayaan diri kita meningkat. Beberapa hal tersebut dapat kita aplikasikan untuk diri kita masing-masing.

  1. Berjalan Sendiri di Tempat Keramaian

Berjalan sendiri di tempat keramaian merupakan salah satu metode yang pas untuk kita coba. Biasakan diri untuk berjalan kemanapun secara sendiri kecuali memang hal-hal yang mendesak. Hal tersebut dikarenakan, dengan membiasakan diri untuk berjalan sendirian di tempat ramai, maka kita membiasakan diri untuk terbiasa dengan suasana keramaian hingga pada akhirnya kita siap menghadapi siapapun di tempat ramai.

  1. Mengikuti Setiap Kegiatan Kemasyarakatan

Kegiatan kemasyarakatn seperti halnya kerjabakti ataupun arisan hingga pengajian adalah salah satu sarana yang tak boleh kita abaikan. Dengan mengikuti setiap kegiatan kemasyarakatan tersebut kita akan membiasakan diri untuk selalu menghadapi dan berinteraksi dengan orang lain. Sehingga kita tidak akan kaget jika suatu saat dihadapkan pada situasi yang menuntut kita berhadapan kepada masyarakat ataupun sejumlah masa yang menonton.

  1. Bersyukur

Bersyukur adalah senjata pamungkas untuk tampil percaya diri. Dengan bersyukur maka perasaan inverior dikarenakan ketidak sempurnaan kita akan hilang dan sirna. Sehingga apapun konsekuensi pandangan orang ketika kita tampil di tempat umum dapat kita kuasai dan kendalikan. By Fatah