System Reward Yang Tepat Guna Menambah Motivasi BawahanSystem Reward – Kebanyakan orang mendefinisikan pekerjaan sebagai  suatu hal yang sifatnya kebutuhan.  Hanya saja ada orang – orang tertentu yang justru bukan dikarenakan tuntutan kebutuhan, melainkan ia memang menikmati pekerjaan tersebut. Bahkan mereka menjadikan pekerjaan tersebut sebagai sebuah kesenangan dalam hidupnya. Point penting di sini adalah, mereka yang menjadikan pekerjaan tersebut sebagai sebuah hobi bisa menikmati pekerjaanya di bandingkan dengan orang yang menjadikan pekerjaan tersebut menjadi sebagai sebuah beban.

Lantas, pekerjaan yang di anggap sebagai beban itu memang tampak berat sekali untuk di pikul. Bahkan Jika tidak cocok sedikit saja, rasanya pengen resign. Bos galak sedikit, tidak betah. Teman – teman tempat bekerja tidak klop dengan kita, merasa tertekan. Pekerjaan yang tak kunjung selesai, di nilai berat. Lingkungan pekerjaan dan budaya yang tidak bisa di ikuti akan semakin menambah beban terasa berat. Terlebih lagi apabila penghasilan yang di dapatkan tak sesuai dengan beban kerja yang di emban. Hasrat ingin keluar tersebut akhirnya semakin kuat muncul.

Penting sekali untuk bisa menjadi orang yang mampu cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan.

Mudah terbawa dengan arus pertemanan yang ada.

Hingga kemampuan untuk mengikuti irama pekejaan yang ada tersebut.

Namun, jika tempat kerja anda belum bisa menghargai usaha pekerjaan anda, apakah anda dapat bertahan lama ?

Penting sekali bagi seorang bos yang memimpin perusahaan menerapkan sebuah system reward and punishment dalam menjalankan irama pekerjaan tersebut.

Mengapa hal tersebut penting untuk di jalankan? Karena dengan begitu motivasi bagi para karyawan untuk menampilkan performa terbaik akan dapat terbangun.

Seperti apa reward system yang baik ?

Suatu perusahaan harus bisa mempertahankan pekerja yang ada di dalamnya. Bagaimana pun caranya, pegawai adalah aset yang penting untuk memajukan sebuah perusahaan. Mungkin lingkungan kerja dan budaya organisasi yang ada sudah baik. Akan tetapi sistem reward masih ada yang salah. Lantas bagaimana  ?

Dalam menjalankan reward system yang baik, perlu unuk diperhatikan beberapa hal berikut terlebih anda seorang bos yang memimpin perusahaan tersebut :

  1. Perhatikan gaji pokok

Uang memang di gunakan sebagai alat pembayaran yang sah sebagai bentuk upah atau gaji. Beberapa orang menilai bahwa uang adalah suatu bentuk penghargaan yang di gunakan untuk melancarkan minat dari seorang pekerja. Memang pemberian gaji dengan harga tinggi berupa uang lebih banyak di minati saat ini. Sebab dengan uang tersebut, para pegawai dapat memenuhi unsur kebutuhan sehari-hari atau penunjang biaya akibat pekerjaannya yang umum digunakan oleh masyarakat. Fokus untuk pemberian gaji harus di sesuaikan dengan harga pasar. Sudah di tentukan pembayarannya apakah per jam, per minggu, atau bulanan.

  1. Adanya penambahan

Untuk meningkatkan motivasi kerja, perlu adanya pendorong hal tersebut. Misal dengan pemberian bonus untuk pekerja yang paling bagus hasil kerjaanya. Atau pemberian insentif bagi pekerja yang bisa selesai tepat waktu setiap pekerjaanya. Bisa juga dengan pemberian komisi pada setiap pekerjaan yang di selesaikan dan memberikan nilai plus. Beberapa penambahan ini akan meningkatkan motivasi bekerja. Maka setiap pekerja akan berusaha untuk memberikan hasil kerja yang baik.

  1. Adanya penghargaan

Setiap orang memiliki kebutuhan untuk di hargai eksistensinya. Tidak terkecuali para pekerja yang Anda pimpin. Ketika setiap kali ia berhasil menyelesaikan pekerjaanya, perlu juga untuk di berikan sebuah penghargaan. Bukan saja ber-bentuk materi semata yang di butuhkan. Namun penghargaan akan hasil usahanya.

Contohnya adalah dengan kalimat pujian, kalimat yang memberikan semangat, senyuman, dan lain – lain. Misal mengucapkan ‘tolong’ ketika hendak memberikan job pada pekerja. Kemudian ucapkan ‘terima kasih’ saat ia berhasil menyelesaikan. Atau memuji hasil pekerjaanya ketika ia sudah selesai mengerjakan dengan hasil yang baik.

  1. Ada imbalan non keuangan

Selain itu, pekerja juga membutuhkan imbalan non keuangan. Salah satunya dengan mendapatkan bingkisan dari kantor . Tidak perlu bingkisan yang mahal. Bingkisan yang sederhana sebenarnya sudah mengena bagi siapa saja. Sebab, mereka yang mendapatkan bingkisan secara khusus, merasa di perhatikan. Misal ketika anda sedang berulang tahun, lantas mendapat kado dari kantor. Hal kecil ini memang terkesan sederhana, akan tetapi hal tersebut sangat bermakna.

 Seperti itulah beberapa hal mengenai reward system. Sudahkan anda melakukan semuanya ? Jika belum yuk mari, menerapkannya. Tidak usah dengan bonus yang besar jika perusahaan atau tempat usaha Anda belum menghasilkan benefit yang besar, cukup menghargai dengan perlakuan pun sudah cukup. Yang terpenting jika usaha Anda mendapatkan keuntungan yang lebih karena kinerja mereka, Anda dapat membagikan bonus pada mereka. Psikologi Mania