Sulit Bersosialisasi dan Pendiam. Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Sulit Bersosialisasi dan Pendiam. Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi?

December 10, 2016 Off By admin

Sulit Bersosialisasi dan Pendiam. Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi? Nama : exaice
E-mail : lydiaxxx9@gmail.com
Judul : Pertanyaan (Sulit Bersosialisasi)
Isi Konsultasi : Sejak kecil saya cenderung memiliki sifat bawaaan sebagai seorang pendiam dan jarang berbicara atau bersosialisasi terhadap oranglain. dan sifat ini sulit untuk dihilangkan.tetapi saya lebih suka berbicara dengan orang yang cukup dekat dengan saya saja. mengapa hal ini bisa terjadi?

Jawaban

Hai Exaice, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan juga baik kabarnya ya.

Menanggapi pertanyaan anda mengenai sifat bawaan yang pendiam dan sulit bersosialisasi, kemungkinan itu memang kecenderungan kepribadian anda. Anda mungkin memang memiliki kepribadian yang tertutup dan juga pendiam, serta sulit bersosialisasi. Tidak ada masalah kok dengan hal ini, karena kepribadian dan sifat orang-orang adalah unik dan berbeda-beda. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang, termasuk kepribadian anda yang pendiam dan sulit bersosialisasi. Salah satu hal yang paling mungkin adalah faktor keturunan. Ada kemungkinan anda membawa bakat pendiam dan sulit bersosialisasi. Mungkin orangtua anda, atau kakek dan nenek anda, atau salah satu anggota keluarga anda yang sedarah dengan anda memiliki kecenderungan kepribadian yang pendiam seperti itu. Hal ini pun akhirnya menurun kepada anda, dan menjadi kepribadian anda.

Selain faktor genetik dan keturunan, beberapa situasi lingkungan juga bisa membuat anda memiliki kepribadian yang pendiam dan sulit bersosialisasi. Misalnya saja pola asuh orangtua anda yang tidak membiasakan anda bersosialisasi dengan orang lain, dan lebih sering menyuruh anda diam di rumah. Atau jarangnya komunikasi intens dengan anggota keluarga juga bisa membentuk kepribadian yang pendiam dan sulit bersosialisasi.

Faktor lingkungan lainnya yang bisa membentuk kepribadian anda adalah pengalaman masa lalu anda. Bisa jadi kepribadian anda ini terbentuk karena pada masa lalu, anda mungkin sering diledek dan tidak percaya diri, atau tidak dilatih untuk percaya diri. Bisa juga anda menjadi pendiam karena tidak diberi kesempatan untuk berbicara, dan anda juga merasa minder dengan kondisi anda.

Memang kepribadian tidak bisa hanya disimpulkan terbentuk oleh satu faktor saja. Ada banyak faktor yang sangat mempengaruhi pembentukan kepribadian. Untuk lebih jelasnya, mungkin anda bisa membaca artikel psikologi dari psikoma mengenai hal apa saja yang dapat membentuk kepribadian anda.

Demikian jawaban dari pertanyaan yang anda kirimkan, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Psikologi Mania