Sifat Inilah Yang Dapat Menimbulkan Permasalahan Dalam HubunganNama : Awan
E-mail : zulxxx@gmail.com
Judul : KISAH PERCINTAAN (sifat sombong)
Isi Konsultasi : terimakasih salam sejahtera salam kenal sebelumnya,saya awan umur 22 th. Gini saya selalu merasa aneh dlm diri sy khususnya dlm masalah pacaran. dalam sebuah hubungan saya selalu memberatkan diri saya sendiri,mislkan kalo pacar saya terlalu mencinta sm saya, trs sy sangat tinggi dada (sombong) sombong dlm arti semau maunya saya,tdk bs jg perasaan cewek..juga saya sering membuat buat masalah sm pacar sy karena kesombongan itu walaupun sy menyayangi dia INTINYA bohong sama perasaan diri sendiri,sulit mengakui diri sendiri misalkan sy cinta terhadap pasangan.terimakasih

Jawaban

Trimakasih sebelumnya untuk mas awan, berdasarkan apa yang anda ceritakan, sebenarnya anda telah mengetahui apa yang menjadi penyebab dari terganggunya hubungan anda dengan pacar anda dan orang lain pada umumnya. Pada dasarnya manusia memiliki sifat alamiah untuk dihargai dan bebas melakukan segala hal tanpa adanya paksaan.

Tentunya jika kita berbuat semau-mau kita, hal tersebut akan membuat seseorang merasa tertekan bukan? Dari itu semua memang ada baiknya kita menahan diri untuk tidak bertindak semau-maunya dengan orang lain.

Bagaimana jika hal itu sulit untuk di lakukan?

Jika sulit untuk tidak bertindak semau-maunya, coba deh bayangkan saat diri kita menerima perlakuan yang sama seperti apa yang kita lakukan terhadap orang lain. Guna merubah hal tersebut, langkah konkret yang harus dilakukan tak lain dan tak bukan adalah, mencobanya. Hargai apa yang dilakukan oleh orang lain, walaupun itu adalah tindakan bodoh menurut kita.

Pun begitu juga dengan sifat sombong. Pada dasarnya sifat sombong adalah ketidak mampuan yang ada pada diri kita, namun untuk menyembunyikan kekurangan tersebut akhirnya membuat seseorang melancarkan kebanggaan (sombong) untuk di perlihatkan kepada orang lain, dan mengecilkan apa yang dimiliki oleh orang lain.

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Tidak ada manusia yang sempurna. Untuk itu jika kita hendak memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, menghargai adalah rahasia yang harus anda miliki. Tingkatkan spritualitas anda dengan yang maha kuasa dapat anda lakukan. Karena dengan mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, kita akan sadar, betapa kecilnya kita di hadapan sang pencipta. Dan menghargai sesama makhluk ciptaannya.

Semoga anda dapat menjadi orang yang bermanfaat dan mudah beradaptasi dengan orang lain. Salam Psikologi Mania