Saat Si Kecil Mengalami Kesulitan Belajar, Perhatikan Bisa Jadi Akibat Dari Gangguan Ini

Saat Si Kecil Mengalami Kesulitan Belajar, Perhatikan Bisa Jadi Akibat Dari Gangguan Ini

May 12, 2017 Off By Admin

Saat Si Kecil Mengalami Kesulitan Belajar, Perhatikan Bisa Jadi Akibat Dari Gangguan IniPara orangtua tentu saja mengharapkan bahwa anaknya tidak memiliki kesulitan belajar, dan lancar dalam belajar baik di sekolah, maupun di rumah dan lingkungan sosial. Namun demikian, pada kenyataannya, bisa saja seorang anak mengalaminya, baik itu hanya 1 – 2 mata pelajaran / topik pelajaran, atau mungkin mengalami dalam banyak bidang. Lalu, ketika anak anda mengalami kesulitan belajar, apakah si anak mengalami gangguan psikologis? Tentu saja anda tidak bisa langsung men-judge bahwa anak anda mengalami gangguan psikologis hanya karena anak anda mengalami kesulitan belajar. Ada beberapa hal selain gangguan psikologis yang dapat mempengaruhi atau membuat si anak mengalami kesulitan belajar, antara lain :

  1. Pola asuh

Pola asuh yang tidak tepat untuk anak juga bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan si anak tidak dapat belajar secara optimal. Karena itu, orangtua hendaknya pintar memilih pola asuh yang tepat untuk anaknya. Jangan sampai masalah kesulitan belajar yang dialami oleh anak-anak disebabkan karena pola asuh orangtua yang kurang tepat.

2. Lingkungan sekolah

Tentu saja pada masa kanak-kanak, belajar akan banyak memakan waktu di sekolah. Bisa dibilang hampir seluruh kegiatan anak-anak berada di dalam sekolah. Nah, lingkungan sekolah yang kurang baik dapat mempengaruhi minat belajar dan mungkin juga fokus anak dalam belajar. Jadi, bisa saja si anak mengalami kesulitan belajar, bukan karena faktor yang ada di dalam dirinya, melainkan lingkungan sekolah yang kurang mendukung.

3. Lingkungan sosial / permainan

Anak-anak juga sedang berada dalam masa-masa perkembangan yang sangat aktif. Akan menjadi suatu hal yang wajar apabila anak-anak lebih memilih bermain daripada belajar. Namun demikian, pastikan lingkungan sosial atau lingkungan permainan si anak tidak memberikan dampak buruk. Misalnya main terlalu lama, atau lingkungan permainan yang tidak sehat. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan si anak mengalami kesulitan belajar.

3 hal ini merupakan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seorang anak mengalami kesulitan belajar. Jadi, ketika anda mendapati ada seorang anak yang mengalami kesulitan belajar, bukan berarti si anak mengalami gangguan psikologis. Anda tentu saja perlu melakukan pengukuran terlebih dahulu, dan memahami mengenai kriteria-kriteria gangguan psikologis pada anak.

Satu hal lain yang perlu anda ingat, anak-anak yang mengalami hal tersebtu, hendaknya di support dan didukung secara penuh supaya dapat termotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Jangan dibentak, atau malah diberikan cap sebagai anak yang bodoh. Ketika cap sebagai anak yang bodoh ini tertanam di dalam diri mereka, maka hal ini akan membekas dan menjadi salah satu bagian di dalam hidupnya. Karena itu, jangan pernah menghujat ataupun mencap anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar.