Sering Merasa Takut dan Cemas Dengan Masalah Umum? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Kecemasan Umum

Sering Merasa Takut dan Cemas Dengan Masalah Umum? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Kecemasan Umum

December 6, 2016 Off By admin

Sering Merasa Takut dan Cemas Dengan Masalah Umum? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Kecemasan UmumApakah anda pernah merasakan gejala gangguan kecemasan umum? Misalnya saja anda merasa cemas dan takut apabila nanti tidak lulus sidang skripsi, atau anda merasa cemas dan takut akan dipecat dari pekerjaan anda. Dan biasanya rasa takut dan cemas ini membuat anda merasakan gejala yang cukup menyebalkan, seperti misalnya mudah merasa pusing, sakit perut dan sebagainya? Kalau begitu mungkin anda mengalami apa yang dikenal dengan gangguan kecemasan umum.

Apa Itu Gangguan Kecemasan Umum?

Gangguan kecemasan umum atau yang dikenal dengan nama general anxiety disorder adalah suatu gejala anxietas, atau kecemasan yang muncul terhadap aktivitas kehidupan sehari-hari. Misalnya saja terhadap penyakit tertentu, anda mungkin terlalu cemas dan takut nantinya akan mengidap penyakit kronis, sehingga anda menjadi sangat memikirkan tentang penyakit kronis yang mungkin akan menyerang anda.

General anxiety disorder sebenarnya merupakan bagian dari gangguan kecemasan, dimana akan muncul berbagai macam gejala kecemasan, seperti misalnya :

  • Sakit perut
  • Berkeringat
  • Badan gemetar
  • Munculnya serangan panik
  • Pusing
  • Kepala dan tubuh terasa berputar
  • Dan sebagainya.

General anxiety disorder dapat muncul pada siapa saja, dan dalam bentuk apa saja. Misalnya saja pada anak-anak, biasanya memiliki gangguan kecemasan umum terhadap mata pelajaran tertentu di sekolah. Pada remaja hingga dewasa biasanya mengalami gangguan kecemasan umum terhadap masa depan dan juga takut apabila nantinya tidak mampu menghidupi keluarga, atau takut tidak bisa mendapatkan pasangan.

Pada orang dewasa akhir hingga masa-masa lansia, kebanyakan gangguan kecemasan umum muncul karena takut atau cemas ditinggal oleh pasangan, dan banyak juga yang merasakan kecemasan terhadap kematian.

Apa Yang Menyebabkan Munculnya Gangguan Kecemasan Umum?

Hal paling utama yang seringkali menyebabkan munculnya General anxiety disorder ini adalah pemikiran yang berlebihan terhadap suatu hal. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, misalnya anda akan menghadapi sidang skripsi, anda berpikir terlalu jauh, dan takut bahwa nanti anda akan tidak lulus. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya gangguan kecemasan umum.

Begitu pula dengan masalah kesehatan. Anda mungkin terlalu banyak membaca artikel kesehatan di internet, yang bahkan sumber aslinya saja anda tidak tahu. Hal ini membuat anda merasa takut, karena anda membaca banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya penyakit kronis. Pemikiran seperti ini kemudian akan menghantui anda, dan akhirnya anda menjadi merasa sangat cemas akan munculnya penyakit kronis yang berbahaya bagi anda.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Gangguan Kecemasan Umum?

Tentu saja hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan yang anda alami ini adalah dengan menyadari penyebab utama dari munculnya gejala anxietas yang anda alami. Setelah anda mampu untuk menyadari dan melihat penyebab utama dari munculnya gangguan kecemasan umum ini, maka anda hanya perlu merubah pola pikir anda, atau dikenal dengan nama restrukturisasi kognitif. Proses restrukturisasi kognitif ini dilakukan dengan cara membangun kembali pola pikir anda terhadap sumber kecemasan anda, sehingga anda memiliki pandangan yang lebih positif terhadap sumber kecemasan anda. By: Eduardus Pambudi