Seperti Apa Orang Dengan Gangguan OCPD di mata orang lain? Orang atau individu dengan gangguan OCPD, merupakan individu yang secara sosial cenderung normal, dimana mereka masih sanggup untuk berinteraksi sosial dengan orang lain. orang dengan gangguan OCPD akan snagat terlihat pada saat mereka mengerjakan sebuah tugas, ataupun ketika berada di dalam lingkungan kantor. Mereka yang memiliki gangguan OCPD, ataupun yang memilki ciri – ciri kepribadian obsesif kompulsif, biasanya akan terlihat :

  1. Resmi, kaku, dan sangat serius
  2. Seringkali tidak memiliki rasa humor
  3. Cenderung intoleran
  4. Tidak fleksibel
  5. Seringkali mengasingkan orang lain
  6. Tidak mau berkompromi, terutama dalam hal tugas, dan pekerjaan
  7. Beberapa orang melihat mereka sebagai workaholic
  8. Pelit
  9. Perfeksionis yang berlebihan, misalnya harus mengatur buku sesuai dengan warna, abjad, ataupun tebal buku
  10. Seringkali memberikan jawaban – jawaban yang terperinci dan sistematis, meskipun hanya pertanyaan – pertanyaan yang sifatnya ringan

Hal – hal tersebut akan lebih banyak terlihat pada setting atau ruang lingkup pekerjaan, misalnya di dalam kantor, dalam mengerjakan tugas – tugas sekolah dan kuliah, serta dalam mengerjakan tugas yang sifatnya kelompok.

Bagaimana OCPD dapat terbentuk?

Secara umum, gangguan kepribadian dapat muncul karena seseorang telah terbiasa terhadap sikap sikap tertentu. begitu pula dengan OCPD. Namun demikian, faktor – faktor pasti yang menjadi penyebab dari munculnya gangguan OCPD ini tidak diketahui secara pasti. Beberapa tokoh memberikan sebuah hipotesis dimana mereka yang mengalami OCPD ini memiliki latar belakang pola asuh yagn keras, tegas, dan juga disiplin tinggi. ada kemungkinan pola asuh otoriter memilki peran dalam membentuk gangguan kepribadian OCPD ini.

Bagaimana Mengatasi gangguan OCPD?

Kepribadian, dan juga gangguan kepribadian adalah salah satu hal yang cenderung menetap pada diri individu. begitu pula dengan gangguan kepribadian OCPD atau ciri kepribadian obsesif kompulsif. Namun demikian, beberapa model terapi yang berhubungan dengan prinsip terapi perilaku bisa mengurangi symptom, dan membaut mereka yang mengalami OCPD dapat lebih mampu untuk menekan perilaku yang dimunculkan akibat gangguan OCPD tersebut. Namun jika memang hal tersebut telah sampai dengan taraf yang mengkhawatirkan, segera untuk melakukan pemeriksaan dan datangi psikolog terdekat di daerah anda.

 

Baca Juga Sebelumnya

Psikologi Mania