Semenjak Menjadi Seorang Istri Dan Ibu Saya Sering Emosional

Semenjak Menjadi Seorang Istri Dan Ibu Saya Sering Emosional

March 29, 2017 Off By admin

Semenjak Menjadi Seorang Istri Dan Ibu Saya Sering EmosionalNama : Bunga
E-mail : raisyaxxx@gmail.com
Judul : Emosional
Isi Konsultasi : Assalamualaikum.sebelumnya saya ucapkan terimakasih karna admin dg sukarela akan dan mau mendengarkan keluhan saya.Semenjak saya menjadi seorang istri dan ibu dr dua org anak,saya merasa emosi saya selalu meluap2,kmudian rasa tenang saya perlahan2 memudar dan selalu cemas,,terimakasih sebelumnya..ditunggu responnya

Jawaban

Hai Bunga , bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat selalu ya.

Untuk rasa cemas, boleh diberitahu kira-kira cemas dengan masalah apa?  Dan kira-kira hal apa saja yang membuat anda menjadi merasa marah atau meluapkan emosi negatif atau mengalami emosi yang tidak stabil?

Hal paling mudah yang bisa anda lakukan adalah anda melakukan yang namanya regulasi emosi. Regulasi emosi, singkatnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengatur emosi anda. Fokus utamanya adalah mampu untuk mengontrol emosi negatif, seperti marah, kesal, sedih, kecewa, dan lainnya untuk kemudian dirubah ke dalam emosi positif, seperti senang, bahagia, ceria, dan sebagainya.

Untuk itu, anda perlu memahami terlebih dahulu macam-macam emosi yang muncul dalam diri anda. Buatlah daftar emosi negatif yang muncul pada diri anda, begitu pula dengan emosi positif yang sering muncul. Setelah itu, ketika anda merasa bahwa emosi negatif anda mulai mendominasi, dan membuat anda merasa tidak nyaman, anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini ;

  1. Melakukan teknik relaksasi pernapasan dalam

Teknik ini sudah pernah dibahas di dalam artikel psikoma. Singkatnya, anda bisa menarik nafas perlahan melalui hidung, hingga udara yang anda hirup memenuhi bagian perut anda. anda akan merasakan perut anda mengembang seiring dengan masuknya udara yang anda hirup.

Kemudian, keluarkan secara perlahan dari mulut anda, hingga anda merasa rileks dan tenang. Lakukan ini beberapa kali, dan biasakan hal ini, terutama ketika anda sedang merasa tidak nyaman, dan mulai merasa emosi negatif anda mendominasi.

  1. Meditasi

Meditasi merupakan hal yang cukup efektif untuk meregulasi emosi anda. langkah-langkahnya mirip seperti relaksasi pernapasan dalam ini, namun harus dilakukan secara rutin dan dalam waktu yang cukup lama. Apabila relaksasi pernapasan dalam dilakukan ketika anda merasa tidak nyaman, maka meditasi sebaiknya dilakukan secara teratur, baik ketika anda merasa tidak nyaman, maupun ketika anda sedang merasa senang/bahagia/nyaman dengan situasi anda.

  1. Mennyingkir Dari Sumber Emosi

Saat emosi anda meluap, sesegera mungkin untuk menyingkir sejenak dari sumber emosi tersebut. Misalkan, anak saking kreatifnya bergerak akhirnya menghambur beberapa barang-barang yang telah anda rapihkan, maka sejenak untuk menyingkir. Setelah anda melakukan relaksasi seperti di atas, lalu basuhlah wajah untuk menetralkan kemarahan yang telah memuncak. Setelah itu berkaca, dan yakinkan diri anda sembari melihat kaca, bahwa anda baik-baik saja dan apa yang dilakukan oleh anak adalah karena ia adalah anak yang kreatif, pintar, dan cerdas.

Cobalah untuk melatih 3 hal tersebut untuk meredakan luapan emosional negatif dalam diri. Merupakan hal yang simple dan sederhana, namun sangat efektif untuk membantu meregulasi emosional anda, dan mampu menurunkan kecemasan. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.