Sedang Dilanda Masalah? Berpikir Positif Adalah Jawaban Terbaik Yang Bisa Anda Lakukan

Sedang Dilanda Masalah? Berpikir Positif Adalah Jawaban Terbaik Yang Bisa Anda Lakukan

November 12, 2016 Off By admin

Sedang Dilanda Masalah? Berpikir Positif Adalah Jawaban Terbaik Yang Bisa Anda LakukanTerkadang, masalah sering membuat kita lupa untuk berpikir positif. Masalah yang terlalu berat dan juga besar seringkali membuat kita terlalu terpaku pada ketidakmampuan kita dalam menyelesaikan masalah tersebut, dan melupakan bahwa kita sebenarnya kita memiliki potensi lain yang bisa dikembangkan dalam menghadapi masalah besar tersebut.

Misalnya saja ketika di kantor anda sering dimarahi oleh bos, atau seringkali menjadi bahan perbincangan dari teman sekantor anda. Banyak yang merasa stress dan tertekan ketika menghadapi masalah ini, karena mereka terlalu fokus pada apa yang menimpa mereka, bukannya berfokus pada apa yang mereka bisa lakukan.

Ketika anda terlalu fokus pada apa yang menimpa anda, maka stress dan depresi adalah jawaban yang seringkali muncul. Anda akan overthinking terhadap berbagai macam hal yang ditujukan kepada anda. Dampaknya? Sudah pasti selain stress dan depresi, segala kegiatan dan aktivitas anda akan menjadi terganggu bukan?

Berpikir Positif: Fokus Pada Apa Yang Bisa Anda Lakukan

Salah satu hal yang bisa anda lakukan dalam menghadapi suatu masalah adalah dengan berpikir positif. Berpikir positif dapat diawali dengan memfokuskan diri pada hal apa saja yang mampu dan bisa anda lakukan di saat anda sedang dilanda masalah, bukannya hanya terfokus pada masalah yang menimpa anda saja. Contohnya, ketika anda menjadi bahan perbincangan, maka fokuslah pada hal-hal apa saja yang bisa membantu anda menjadi lebih produktif. Apabila anda memang tidak bisa menghilangkan masalah tersebut, maka abaikan saja masalah tersebut. Fokus lah hal yang memiliki output yang positif.

Berpikir Positif: Lihat Masalah dari Sisi Lain Yang Lebih Baik

Terkadang, masalah itu muncul hanya karena pengaruh sudut pandang saja. Masalah akan menjadi lebih berat ketika anda melihatnya dari sisi negatif. Sedangkan sebaliknya, masalah dapat menjadi lebih ringan dan mudah untuk dihadapi ketika anda mampu untuk melihat sisi positif dari masalah yang anda alami.

Masih dari contoh kasus, yaitu menjadi bahan perbincangan dari teman sekantor anda. Mereka yang mampu untuk melihat sisi positif dari masalah ini, tentu saja akan lebih mudah menghadapinya. Contohnya misalnya, anda bisa beranggapan bahwa teman sekantor anda membicarakan anda karena mereka perhatian dengan kondisi anda. Perhatian ini merupakan salah satu bentuk rasa kasih sayang dari teman kantor anda terhadap diri anda. Anda bisa menyimpulkan bahwa teman kantor anda sayang dengan anda.

Ini merupakan salah satu contoh melihat masalah dari sisi positif. Apabila anda berhasil mengembangkan kemampuan untuk melihat masalah dari sisi lain yang lebih baik, maka anda akan terlatih untuk berpikir positif, yang mana akan sangat berguna bagi anda dalam menghadapi dan mengatasi berbagai macam permasalahan dalam hidup. Selamat mencoba menjadi orang yang lebih positif dan lebih bahagia. By: Eduardus Pambudi