Kabar Duka Dunia Psikologi: Saksi Ahli Sidang Kopi Maut Sarlito Wirawan Meninggal Dunia

Kabar Duka Dunia Psikologi: Saksi Ahli Sidang Kopi Maut Sarlito Wirawan Meninggal Dunia

November 15, 2016 Off By admin

Kabar Duka Dunia Psikologi: Saksi Ahli Sidang Kopi Maut Sarlito Wirawan Meninggal DuniaJakarta – Innalilahi’ Wainnailaihi Roji’un, dunia salah satu bapak psikologi indonesia Prof. Sarlito Wirawan Sarwono meninggal dunia tadi malam. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit PGI Cikini Jakarta Pusat, pukul 22.18 dini hari tadi.

Profesor yang juga menjadi salah satu saksi ahli kasus sidang kopi maut sianida dengan terduga Jesica Kumala wongso tersebut merupakan dosen sekaligus guru besar di Universitas Indonesia. Karir ke-akademikanya tercatat sangat gemilang di ranah Psikologi, hal tersebut tercatat selain berhasil menerbitkan beberapa penelitian di jurnal Internasional, beliau juga aktif di organisasi Psikologi Internasional yaitu APA (American Pschological Association), ICP (International Council of Psychologists), SPSSI (Society of Psychological Studies on Social Issues), dan juga di APsyA (Asian Psychological Association).

Mengawali pendidikan di bangku almamater yang ia ajar Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1968, kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke Edinburg University Skotlandia di tahun 1973 dengan studi Community Development dan juga program Doctoral di Leiden University.

Sempat menduduki jabatan sebagai Dekan fakultas Psikologi Universitas Indonesia pada tahun 1997-2004, dan juga Fakultas Psikologi Universitas UPI YAI tahun 2009, karir Prof Sarlito Wirawan makin moncer dengan menjadi dosen tamu di beberapa Universitas Luar negeri yang menyelenggarakan program studi psikologi.

Dengan meninggalnya beliau, praktis dunia keilmuan psikologi ditinggalkan salah satu tokoh terbaiknya sepanjang sejarah bangsa indonesia. Gagasan beliau tentang psikologi khususnya ranah psikologi sosial, sangatlah berpengaruh di negeri ini.

Beberapa buku yang beliau buat bahkan menjadi salah satu bahan rujukan mahasiswa psikologi di indonesia saat ini.

Berdasarkan informasi yang di dapatkan Prof. Sarlito Wirawan meninggal dikarenakan luka di lambungnya dan sempat di Rawat di Rumah Sakit Siloam Jakarta. Tekanan darahnya pun sempat mengalami naik turun. (detik). Prof. Sarlito Wirawan Sarwono lahir pada tanggal 2 Febuari 1944. Kepergiannya meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, dan juga lima orang cucu. Beliau wafat di usia 72 tahun.

Almarhum akan di semayamkan di lokasi kompleks UI, Ciputat, Tangerang Banten. Jasadnya di kebumikan di Pemakaman Giri Tama Tonjong, Parung, Kota Bogor, Provinsi Jawa barat, pada hari ini siang 15 November 2016.

Semoga keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan dan dunia psikologi menelurkan sosok seperti Prof Sarlito Wirawan Amin. Psikoma.com