Saat Niat Kuliah Tak Mendapatkan Dukungan Orang TuaNama : Lily
E-mail : Namxx@gmail.com
Judul : Bagaimana cara memotivasi diri sendiri karena kurang dukungan orangtua??
Isi Konsultasi : hay konsultan psikologi saya lily, saya ingin menceritakan sedikit masalah saya. saya kurang mendapatkan motivasi dan dukungan dari orang tua saya, saya harus bagaimana? saya ingin kuliah tapi orangtua saya kurang mendukung lantaran mungkin biaya kuliah skrg sangat mahal, padahal saya sudah bekerja mungkin saya bisa membiayai kuliah saya sendiri. hal ini malah membuat saya sedih bahkan down, trus jurusan yg sangat saya inginkan sekali adalah psikologi. kurang nya dukungan dan motivasi membuat saya sulit menentukan jati diri dan menemukan bakat saya? saya harus bagaimana apakah saya harus mendapatkan beasiswa agar bisa kuliah??? Sekian, Mohon bantuannya untuk penjelasannya. Trims

Jawban

Hai Lily, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu dan dalam keadaan yang baik ya.

Mengenai konflik seperti ini, sudah sangat umum terjadi, dimana keinginan kita tidak sejalan dengan keinginan orangtua, sehingga muncullah konflik yang cukup memusingkan. Dalam menghadapi konflik seperti ini, pastilah butuh pertimbangan yang matang, atau paling tidak pertimbangan yang baik untuk menghadapinya.

Sebelumnya, sikap kurang mendukung yang ditunjukkan oleh orangtua ini seperti apa? Apakah orangtua anda sama sekali tidak setuju apabila anda kuliah, karena masalah biaya saja, atau karena memang anda tidak boleh kuliah sama sekali? Atau bisa juga jurusan yang anda pilih tidak sesuai dengan minat orangtua anda, sehingga mereka tidak mendukung keinginan anda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Apabila anda tidak mendapatkan dukungan karena masalah keuangan, maka mencari beasiswa bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat dan cocok untuk anda. Beasiswa akan sangat meringankan pengeluaran orangtua anda, terutama apabila biaya menjadi masalah bagi keluarga anda.

Namun, apabila orangtua anda tidak mendukung, karena tidak setuju dengan pilihan jurusan yang anda ambil, atau tidak setuju dengan keinginan anda untuk kuliah, maka anda bisa mencoba untuk berbicara baik-baik dan memperjuangkan keinginan anda. Paling tidak anda bisa menjelaskan dengan baik-baik kepada orangtua anda, apa yang akan anda peroleh ketika anda kuliah di jurusan yang anda minati. Alternatif pilihan jurusan lain mungkin bisa anda pertimbangkan apabila orangtua anda tidak mendukung karena tidak setuju dengan pilihan jurusan anda.

Namun jika anda tetap menginginkan untuk kuliah di jurusan psikologi, maka anda dapat menjelaskan cita-cita anda kedepan beserta prospek yang cerah. Beberapa prospek yang dapat menjadi referensi saat anda kuliah di jurusan psikologi adalah, anda dapat menjadi seorang HRD, Di bidang pendidikan dengan mejadi guru BK, Dosen, Konsultan pendidikan, terapis ABK, dan masih banyak lagi.

Yang terpenting adalah, apapun pilihan yang anda ambil, anda wajib untuk konsisten dan konsekuen dengan pilihan anda. jangan sampai anda mengecewakan orangtua anda, dan mengecewakan diri anda sendiri karena tidak memiliki komitmen yang kuat akan pilihan anda. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia