Saat Kebingungan Menentukan Jurusan Kuliah, Coba Perhatikan Hal Ini

Saat Kebingungan Menentukan Jurusan Kuliah, Coba Perhatikan Hal Ini

May 8, 2017 Off By Admin

Nama : Felicia
E-mail : vionitxxx@gmail.com
Judul : Merasa kehilangan kewarasan (Bingung Menentukan Jurusan Kuliah)

Isi Konsultasi : jadi saya adalah pelajar di sma swasta ternama surabaya, saya awalnya ingin menjadi arsitek atau interior designer, saya sangat fokus untuk itu saya les autocad dan belajar design interior. Saya juga berencana untuk berkuliah disingapore, namun tiba-tiba saya mengurungkan rencana itu. Saya merasa dengan sekolah diluar sayaa akan membebani orang tua dengan biaya sekolah dan akan jauh dari orang tua saya yang sudah cukup berumur karena saya anak bungsu. lalu saya berfikir untuk sekolah pramugari saja, agar cepat kerja dan bisa membanggakan ortu saya. Lalu saya juga kembali kepikiran untuk ambil kursus menjahit saja, lalu membuka butik baju. saya merasa diri saya aneh, mengapa saya tidak bisa konsisten dan tidak fokus pada satu hal atau bidang saja? apa karena saya terlalu bingung mencari cara untuk membanggakan orang tua saya? saya merasa diri saya sudah tidak waras karena ketidak konsisten an ini. saya merasa bahwa saya sudah tidak normal, untuk itu saya merasa perlu meminta bantuan psikolog

Jawaban

Tips Menentukan Jurusan Kuliah – Trimakasih sebelumnya untuk mba feli. Salah satu kebahagiaan anak adalah dapat melihat orang tua tersenyum bangga terhadap diri kita ini. Apalagi kesuksesan yang anda miliki nanti dapat dirasakan juga oleh orang tua anda.

Untuk kebingungan yang anda rasakan saat ini, sebenarnya hal itu sedikit banyaknya dipengaruhi oleh rasa tertekan anda jikalau pada saat nanti anda menentukan pilihan anda takut gagal dan mengecewakan kedua orang tua anda. Yang kedua kebingungan yang anda alami juga dikarenakan faktor ketidakyakinan anda untuk dapat hidup terpisah dengan kedua orang tua. Hal itu adalah hal yang wajar, mengingat anda adalah anak bungsu. Namun jika anda menguatkan tekad, hidup dimanapun maka anda akan berhasil.

Saran saya, agar anda dapat menentukan banyaknya pilihan yang dimiliki adalah dengan merenungkan ulang, sebenarnya apa yang anda senangi. Setelah anda mengetahui apa yang anda senangi, coba cari hal-hal yang membuat anda lupa waktu. Dari kesenangan dan hobi yang membuat anda sampai lupa waktu tersebut anda dapat mengarahkan pada hal yang sekiranya membangun karir anda. Misalnya anda senang dalam hal desain, maka tekunilah autoced tersebut.

Jika anda senang untuk curhat, berbicara, dan memperhatikan penampilan, maka cobalah untuk menekuni profesi sebagai pramugari. Jika anda senang jahit menjahit, maka tekunilah jahit menjahit. Yang terpenting adalah anda menekuni. Bukan terbagi-bagi.

Untuk permasalahan biaya, anda dapat bicara lebih dahulu kepada orang tua, apakah mereka keberatan ataukah tidak. Karena jika kita hanya menduga-duga tentu kita tidak mengetahui hal yang sebenarnya.

Perlu untuk kita perhatikan bahwa, orang tua akan mengusahakan semampu mereka demi melihat anaknya bahagia dan sukses kelak. Nah tugas anda adalah menelaah ketika berdiskusi kepada mereka, semampu apakah mereka dapat membiayai anda. Jika memang mereka mau menyekolahkan anda ke Singapore maka silahkan saja. Yang terpenting anda dapat menjaga kepercayaan mereka. Dan jadilah yang terbaik untuk bidang yang anda tekuni, hingga akhirnya nanti anda membahagiakan mereka. Semoga anda dapat menentukan jurusan kuliah yang tepat bagi masa depan anda kedepan. Psikologi Mania