Saat Hatimu Terluka Dan Engkau Tak Tau Harus Bagaimana Saat Hatimu Terluka – Patah hati terkadang harus melengkapi perjalanan hidup seseorang. Patah hati bisa disebabkan oleh kekecewaan atas gagalnya tujuan besar yang akan dicapai selama ini atau disebabkan oleh perasaan kehilangan atas seseorang yang sangat dicintai. Patah hati bisa membuat emosi menjadi tidak menentu atau labil, galau dan sedih yang berkepanjangan. Hal ini bisa tejadi karena mungkin ia adalah cinta pertama atau ia adalah orang yang paling berpengaruh pada hidup Anda.

Sebenarnya, hal yang membuat emosi negatif tersebut dikarenakan ada rasa tidak ikhlas menerima kondisi tersebut. Itu karena pada awalnya kita terlalu berharap terlalu banyak padanya. Selain itu, mungkin berharap ia dapat mencintai Anda sebaik dan besar rasa cinta yang sudah Anda berikan. Rasa sakit saat hatimu terluka yang timbul tersebut merupakan sebuah peringatan, bahwa ada bagian dari psikologi yang harus diperbaiki atau disembuhkan. Lalu, bagaimana cara agar Anda sembuh dari patah hati? Berikut ada tiga hal yang bisa dilakukan.

  1. Ikhlas

Melepaskan memang tidak pernah mudah namun pada kenyataannya hal tersebut harus dilakukan entah karena keadaan atau memang sudah waktunya untuk dilepaskan. Patah hati memang bukanlah hal yang menyenangkan melainkan hal yang menyedihkan. Namun, percayalah bahwa hal tersebut hanya bungkusnya saja. Beranikan dan ikhlaskan diri untuk bangkit dan menyembuhkan diri. Lewat patah hati, Anda bisa belajar bagaimana menenangkan diri sendiri dan belajar bagaimana hati mampu melepaskan apa yang memang sudah bukan miliki Anda lagi.

  1. Curhat

Memendam rasa sakit sendirian tidak akan pernah membuat Anda sembuh dari rasa sakit yang sudah diterima sebelumnya. Justru, jika disimpan sendirian hal tersebut akan membuat terganggunya kondisi psikologi seperti stres berat bahkan depresi.

Cobalah untuk bertemu dengan teman, sahabat, atau keluarga, dan ceritakan apa yang sudah dan sedang Anda rasakan. Bercerita akan mengurangi beban perasaan yang ditanggung. Selain itu, bercerita pada orang lain akan membuat Anda menerima saran-saran positif dari orang lain untuk sembuh.

Yakini setiap tindakan yang diambil sebagai cara untuk menyembuhkan rasa patah hati tersebut. Menjadi pahlawan bagi diri sendiri memang tidak mudah namun percayalah Anda akan menjadi kuat di masa depan.

  1. Belajar Lebih Baik

Berhentilah menyiksa diri dengan menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri. Berhentilah terus menerus menyimpan rasa sakit tersebut. Berhentilah untuk menikmati rasa sedih tersebut sebab tidak ada yang perlu Anda sesali dari sebuah keadaan yang telah terjadi. Habiskan waktu untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Menjadi pribadi yang lebih berguna untuk lingkungan sekitar dan bangkitlah untuk meneruskan kehidupan yang lebih baik.

Kita sebagai manusia tidak akan pernah bisa menolak untuk merasakan patah hati atau rasa sakit hati yang mungkin datang dari orang-orang terdekat. Tak ada lagi yang perlu dipersalahkan dalam kondisi tersebut. Yakinlah bahwa ini adalah cara Tuhan membuat Anda untuk lebih kuat dan inilah cara Tuhan untuk menunjukan apa yang terbaik untuk perjalan hidup Anda. Tersenyumlah kembali dan selamat menjalani kehidupan yang menyenangkan. By: Muhamad Fadhol Tamimy