Saat Berbuat Baik Haruskah Kita Mendapatkan Hal Yang Sepandan?

Saat Berbuat Baik Haruskah Kita Mendapatkan Hal Yang Sepandan?

January 24, 2017 Off By admin

Saat Berbuat Baik Haruskah Kita Mendapatkan Hal Yang Sepandan?Nama : refomey xx
E-mail : refomeyxx@gmail.com
Judul : timbal balik
Isi Konsultasi : Terkadang kita kan ingin melakukan sebuah kebaikan kepada seseorang dengan tujuan agar orang itu bisa berbuat baik kepada kita juga. Saya juga ngelakuin hal yang baik agar dia melakukan hal yang sama kepada saya. Tapi terkadang semua hal itu tidak kita dapat, menurut anda bagaimana? Terima kasiih

Jawaban

Hai Refomey, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan kabar baik ya.

Memang, suatu hal baik yang dibalas dengan hal yang tidak menyenangkan membuat kita seringkali merasa tidak dihargai. Yang harus anda pahami adalah, apakah anda merasa nyaman dengan situasi tersebut? apabila anda memang merasa tidak nyaman ketika anda melakukan hal yang baik, namun tidak mendapatkan timbal balik, maka anda bisa mencoba untuk lebih banyak bersyukur karena anda sudah bisa berbuat baik dengan orang lain.

Tidak semua orang bisa dan mampu untuk berbuat baik kepada sesamanya, namun anda sanggup. Berikan kredit dan nilai tambah tersendiri untuk diri anda sendiri karena sudah mau membantu orang lain. Jangan pedulikan apakah niat dan perilaku baik anda akan terbalas atau tidak. Yang terpenting adalah anda selalu dapat bersyukur atas semua perbuatan yang sudah anda lakukan, dan anda akan selalu berbuat baik untuk siapapun dalam situasi apapun.

Sebisa mungkin jangan menjadi pendendam, karena perbuatan baik anda tidak terbalas. Karena yang namanya balas dendam hanya akan membuat anda dipenuhi banyak emosi dan pikiran negatif, yang pastinya buruk untuk diri anda sendiri. Selalu naungi diri anda dengan energi dan emosi positif agar anda bisa melakukan banyak hal yang baik, tanpa perlu memikirkan apakah perbuatan baik anda akan terbalas atau tidak.

Berbuat baik tak akan membuat anda rugi kok, bahkan walaupun itu tidak berbalas pada orang yang kita berikan service kebaikan. Yakinilah bahwa ada rumus yang tak mampu kita jangkau sebagai manusia. Yaitu adalah, semakin kita berbuat baik maka semakin besar pintu kebaikan lain akan kita dapatkan. Semakin kita perbanyak untuk membantu dan memudahkan orang lain maka, semakin terbuka pula pintuk kemudahan yang akan anda dapatkan.

Mungkin jika dilihat dari sekarang memang anda belum merasakan hal yang sepadan. Namun jika langkah berbuat baik anda telah di latih, bahkan tanpa mengharapkan imbalan sekalipun suatu saat kebaikan akan menyertai pula.

Selagi anda mampu berbuat baik, mengapa harus ditunda. Satu lagi hal yang ingin saya sampaikan bahwa, berbuat kebaikan mampu mendatangkan kebahagiaan dan kesehatan mental loh. Terlebih lagi saat kita melakukannya dengan ikhlas dan hati yang senang. Dalam psikologi sendiri, mereka yang berbuat baik dengan ikhlas dan bahagia atas apa yang mereka kerjakan tersebut mampu meningkatkan kesehatan mental.

Terlebih lagi saat kita berbuat baik, maka mereka yang kita tolong akan merasakan kebahagiaan, minimal terpancar dari senyum yang di arahkan pada kita. Semakin kita mendapatkan timbal balik berupa hal positif dari orang lain, minimal tersenyum, kita akhirnya akan terbiasa dengan lingkungan yang positif pula pada diri kita. Bisa di bayangkan bukan, jika aura positif selalu mengelilingi kita? Ya anda akan menjadi orang yang optimis dan percaya diri. Dan dengan percaya diri yang anda miliki kesuksesan dalam hal apapun akan mudah untuk di dapatkan dengan segera.

Ingat jangan khawatir untuk berbuat baik, semakin anda memberikan kebaikan pada orang lain, maka semakin banyak pula kebaikan yang akan anda dapatkan tersebut. Salam sukses.. Psikologi Mania