Rem sifat materialistik, Cobaah Untuk Melakukan kontrol diri Kontrol Diri – Mungkin anda adalah orang yang suka jajan ? Suka membeli barang karena ‘lucu’, ‘imut’, atau ‘menarik’ ? Hati – hati, perilaku ini jika dilakukan terus menerus dapat menjadi sebuah perilaku konsumtif. Bahkan jika memang sudah menjadi kebiasaan, hal tersebut akan berwujud sifat materialistik di kemudian hari.

Sifat ini tidak akan menjadi baik jika sudah menjadi kepribadian. Sebab orang yang materialistik memiliki irisan tipis terhadap barang yang diinginkan dan dibutuhkan. Kadang barang yang diinginkan menjadi kebutuhan. Sedangkan barang kebutuhan, jadi lebih mendesak. Jika sudah seperti itu, maka anda akan benar-benar mencari cara agar bisa memuluskan keinginan untuk ‘membeli barang’ tersebut. Apapun dan bagaimanapun juga.

Perilaku ini sebenarnya bisa diatasi. Meskipun teorinya cukup mudah, namun aplikasi memang sedikit susah. Sebab, si konsumen harus benar – benar menekan nafsu dan melakukan kontrol diri agar mau tunduk. Seperti apa sajakah cara mengatasi materialistik ? Simak ulasan berikut :

  1. Buat skala prioritas

Godaan paling berat bagi orang yang suka ‘jajan’ adalah pergi ke tempat jual beli. Terutama mall, supermarket, tempat jajanan, tempat diskonan, dan semuanya. Sebab di tempat inilah nafsu memiliki dan membeli sudah susah untuk dibendung. Untuk mengatasi hal ini, yang perlu anda lakukan adalah membuat skala prioritas. Tujuannya adalah dengan menentukan tingkat barang apa saja yang penting dan tidak penting untuk dibeli.

  1. List barang apa saja yang ‘HARUS DIBELI’

Setelah membuat skala prioritas, anda akan mengetahui barang apa saja yang penting untuk di miliki dan tidak penting untuk di miliki. Termasuk barang apa saja yang termasuk kedalam kategori barang kebutuhan dan kategori barang yang sifatnya hanya keinginan. Kemudian buatlah ceklis barang – barang tadi, apa sajakah yang harus dibeli. Hal tersebut akan membantu Anda untuk meminimalisir pembelian barang yang bukan kebutuhan sekaligus juga mereka – reka harga atau budjet yang harus Anda keluarkan.

  1. Katakan ‘TIDAK’ pada ‘KEINGINAN’

Jika memang ternyata ada barang yang benar – benar menggoyahkan nafsumu, cobalah untuk mengatakan tidak. Terutama barang yang fungsinya tidak begitu penting. Segera bilang pada keinginan untuk berkata tidak. Bisa anda coba untuk menutup mata dan segera berlalu. Hal ini membantu anda untuk segera melupakan barang yang anda inginkan tadi.

  1. Kurangi menonton iklan di media

Biasanya ini dialami oleh gadis dan remaja cewek. Banyak sekali media yang digunakan untuk ladang bisnis. Televisi, koran, majalah, sampai media online seperti instagram, facebook, line, twitter, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan membatasi penggunaan media sosial. Semakin sering anda aktif melihat barang yang diperjual belikan, semakin susah anda mengontrol keinginan untuk membeli.

Taukah kamu, bahwa hal ini termasuk pula penyampaian pesan secara tidak langsung yang efeknya sangat dhasyat mempengaruhi pikiran. Salah satu iklan di media yang mempengaruhi dapat kita lihat dari tayangan promosi krim pemutih wajah. Coba kita lihat, dimana para model yang dimilikinya jarang ada yang tergolong berfisik “tidak rupawan”. Dari model tersebut para wanita yang menonton iklan akhirnya mempersepsikan diri bahwa dengan menggunakan produk krim pemutih wajah, ia dapat secantik dan mirip dengan para model yang memerankan penggunaan produk tersebut. Disinilah letak pengaruh yang sangat dhasyat, jika tidak bijak untuk melakkan kontrol diri maka hal tersebut dapat merugikan diri sendiri.

  1. Habiskan waktu dengan teman dan keluarga

Teman dan keluarga adalah komponen kehidupan yang paling dekat dengan kita. Kedua orang – orang ini bisa membantu untuk mengontrol keinginan beli. Misal habiskan waktu dengan bermain di rumah teman. Atau habiskan waktu bersama keluarga di rumah. Bukan justru habiskan waktu bersama tetapi di tempat jual beli. Sama saja susah mengontrol nafsunya.

  1. Banyak-banyak beramal untuk orang lain

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengontrol keinginan membeli baran adalah dengan membiasakan untuk memberi pada orang lain. Coba anda kumpulkan barang – barang yang sudah anda beli, namun sudah tidak terpakai. Hitung jumlahnya, lalu berikan pada orang lain yang lebih membutuhkan. Selain membuat perasaan bahagia orang yang diberi, beramal ini bisa sedikit membuka hati kita untuk lebih peduli pada orang lain. By: Izzatur Rosyida

Artikel “Rem sifat materialistik, Cobaah Untuk Melakukan kontrol diri ini diedit kembali oleh Muhamad Fadhol Tamimy, agar isi kontent sesuai dengan standar Psikologi Mania.