Psikologi Perkembangan, cabang Ilmu Psikologi Yang Mempelajari Perkembangan Manusia Sejak Lahir Hingga Akhir Hayat

Psikologi Perkembangan, cabang Ilmu Psikologi Yang Mempelajari Perkembangan Manusia Sejak Lahir Hingga Akhir Hayat

November 3, 2016 Off By admin

Psikologi Perkembangan, cabang Ilmu Psikologi Yang Mempelajari Perkembangan Manusia Sejak Lahir Hingga Akhir HayatSalah satu cabang ilmu psikologi yang sangat luas cakupannya adalah psikologi perkembangan. Cabang ilmu ini dianggap luas karena mencakup berbagai aspek kehidupan manusia sejak manusia tersebut lahir hingga kematian. Psikologi perkembangan mempelajari banyak hal terutama yang berhubungan dengan perkembangan manusia, bagaimana aspek kehidupan manusia terbentuk dan berkembang di usia tertentu.

Aspek Perkembangan Manusia

Paling tidak, ilmu psikologi perkembangan memiliki 3 macam aspek penting perkembangan manusia. Berikut ini adalah 3 aspek perkembangan manusia yang dikutip dari Buku Perkembangan Manusia (Papalia, Olds, Fieldman):

  1. Aspek Fisik

Aspek perkembangan manusia yang pertama adalah aspek fisik. Seperti namanya, aspek fisik mencakup segala bentuk perkembangan fisik manusia, sejak pertama kali lahir hingga lansia. Aspek fisik erat sekali kaitannya dengan ilmu biologi, fisiologi, dan juga ilmu lainnya yang mempelajari fisik manusia.

Selain itu, psikologi perkembangan juga membahas tentang aspek kelainan fisik yang ada di dalam diri manusia, misalnya cacat secara fisik, ketidakmampuan fisik, dan berbagai macam hambatan fisik lainnya yang umum dan bisa terjadi pada diri manusia.

  1. Aspek Kognitif

Aspek kognitif adalah aspek dari ilmu psikologi perkembangan yang mencakup tentang perkembangan kognitif manusia. Aspek ini memiliki kaitan yang erat dengan perkembangan otak manusia, dan bagaimana proses berpikir manusia sejak kecil hingga lansia.

Masalah intelegensi, hambatan dalam belajar, pola pikir, pemecahan masalah, dan juga persepsi manusia adalah beberapa hal penting yang dibahas dalam aspek perkembangan kognitif dalam ilmu psikologi perkembangan.

  1. Aspek psikososial

Aspek berikutnya yang dipelajari dalam ilmu psikologi perkembangan adalah aspek psikososial. Aspek psikososial ini mempelajari tentang perkembangan kemampuan seseorang dalam bersosialisasi, seperti melakukan interaksi sosial, hubungan pertemanan, dan berbagai aspek yang berhubungan langsung dengan kemampuan sosial seseorang.

Dalam aspek ini juga akan dibahas mengenai hubungan dengan orangtua, keluarga, teman, pasangan hidup, hingga bagaimana seorang lansia mulai mempersiapkan kematian.

Itu adalah ketiga aspek perkembangan manusia yang dipelajari di dalam cabang ilmu psikologi perkembangan.

Tugas Perkembangan Manusia

Selain melihat aspek perkembangan manusia, psikologi perkembangan juga mempelajari tentang tugas perkembangan seseorang dari ketiga aspek tersebut. Tugas perkembangan dibagi berdasarkan kategori usia perkembangan manusia, yaitu:

  1. Usia perkembangan balita dan anak-anak
  2. Usia perkembangan anak-anak
  3. Usia perkembangan remaja awal
  4. Usia perkembangan remaja akhir
  5. Usia perkembangan dewasa awal
  6. Usia perkembangan dewasa akhir
  7. Usia perkembangan lansia

Beberapa tokoh juga membagi lagi usia perkembangan menjadi beberapa bagian, misalnya anak-anak menjadi dua, yaitu usia perkembangan anak-anak madya dan usia perkembangan anak-anak akhir.

Tugas perkembangan dari masing-masing usia perkembangan di atas tentu saja berbeda. Tugas perkembangan diperoleh dari hal-hal yang secara umum harus berkembang di masing-masing usia perkembangan, berdasarkan tiga aspek yang sudah disebutkan sebelumnya.

Misalnya seperti tugas perkembangan seorang remaja awal adalah mengalami masa pubertas, melakukan pencarian identitas, dan juga mengembangkan pola pikir analitis. Sedangkan tugas perkembangan dari dewasa madya misalnya adalah sudah mulai mapan dalam karir, memiliki keluarga, sudah bisa menjadi panutan dan pemimpin, dan lain sebagainya.

Itu adalah beberapa gambaran mengenai hal-hal apa saja yang akan dipelajari di dalam bidang ilmu psikologi perkembangan. Untuk lebih jelasnya mengenai tugas perkembangan manusia selama rentan usia tertentu akan dijelaskan pada artikel lainnya. Semoga penjelasan mengenai psikologi perkembangan ini dapat membantu anda lebih memahami tentang ilmu psikologi secara garis besar. By: Eduardus Pambudi