Psikolog Online, Inovasi Terbaru dalam Layanan Psikologi

Psikolog Online, Inovasi Terbaru dalam Layanan Psikologi

November 2, 2016 Off By admin

Psikolog Online, Inovasi Terbaru dalam Layanan Psikologi

Psikolog online – Berkembangnya teknologi informasi saat ini membuat beberapa situs menyediakan jasa layanan psikologi online. Psikolog online bisa saja disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan psikolog, namun sulit menjangkau psikolog secara fisik. Jasa layanan Psikologi online bisa jadi sebuah alternatif jasa konsultasi psikologi yang lebih modern dan juga mudah dilakukan.

Kelebihan Psikolog Online

Saat ini, banyak orang yang tidak mau mengikuti konsultasi psikologi karena adanya rasa minder dan takut. Banyak yang merasa bahwa ketika sudah datang ke psikolog, artinya mereka mengalami masalah yang serius dan sering dianggap sakit jiwa. Namun demikian, hal ini sebenarnya kurang tepat. Karena itu psikolog online bisa menjadi alternatif yang cukup membantu mengatasi masalah ini. Dengan adanya psikologi online, seseorang tidak perlu merasa takut, karena identitas mereka benar-benar akan dirahasiakan. Mereka tidak perlu takut akan ada orang yang melihat mereka datang ke psikolog, dan tidak perlu takut juga ada orang lain yang mengetahui masalah mereka.

Kelebihan berikutnya dari psikolog online adalah lebih mudah dijangkau. Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi ke biro atau klinik psikologi. Anda cukup mengirimkan email, atau bertanya melalui chat yang disediakan oleh situs psikolog online. Hal ini akan membuat layanan psikologi, seperti konseling menjadi lebih mudah dijangkau dan lebih mudah untuk dilaksanakan.

Layanan psikologi online biasanya termasuk ke dalam layanan psikolog online gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bertanya. Hal ini sangat cocok untuk anda yang ingin bertanya atau berkonsultasi tentang beberapa hal yang menyangkut ilmu psikologi, dan masalah psikologi yang ada.

Paling tidak, dengan melakukan konsultasi dengan psikolog online, anda bisa mengetahui garis besar jawaban dari pertanyaan anda, meskipun nantinya harus ada follow up di lain hari.

Kekurangan Psikolog Online

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun demikian layanan psikologi online juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah proses asesmen tidak berjalan maksimal, karena hanya mengandalkan pertanyaan satu arah saja dan tidak melibatkan observasi.

Psikolog hanya bisa melihat keadaan klien melalui email atau chat saja. Hal ini tentu saja menjadi kekurangan karena proses asesmen berjalan tidak lengkap dan optimal.

Berikutnya, yang bisa menjadi kekurangan dari layanan psikologi online adalah sulit melakukan intervensi psikologi. Intervensi psikologi sulit diterapkan secara online, karena membutuhkan beberapa kali pertemuan tatap muka. Karena itu, psikolog online tanpa adanya fasilitas pertemuan tatap muka bisa dianggap kurang efektif dalam menangani permasalahan psikologis seseorang.

Kelemahan dan kekurangan berikutnya dari layanan psikologi online adalah komunikasi yang kurang efektif, karena hanya menggunakan fitur seperti email dan chat saja. Untuk pertanyaan-pertanyaan singkat mungkin efektif. Namun apabila anda memiliki permasalahan yang cukup rumit, maka layanan psikologi online sepertinya bukan solusi terbaik yang bisa anda pilih.

Jadi, psikolog online merupakan layanan jasa psikologi online yang efektif apabila anda ingin bertanya tentang hal-hal yang simple dan sederhana, misalnya “Apakah saya mengalami gangguan kepribadian antisosial?” atau, “bagaimana saran terbaik untuk mengatasi phobia?”. Pertanyaan seperti ini mungkin bisa terjawab dengan layanan psikologi online. Namun, untuk permasalahan dan pertanyaan yang lebih kompleks dan rumit, psikolog online bisa dikatakan kurang efektif.

Untuk itu melalui media psikoma (Psikologi Mania) sekiranya dapat menjadi media alternativ yang tepat dalam membantu beberapa permasalahan terakit psikologi. Walaupun nantinya anda yang konsultasi melalui media ini, maupun fanspage dari psikoma itu sendiri, disarankan untuk dilakukan follow Up. Karena seperti yang telah sebelumnya dikatakan bahwa layanan psikolog online ini, paling tidak dapat membantu anda mengetahui garis besar permasalahan yang sedang anda alami saat ini. Psikologi Mania