Problem Solving: Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Anda Dengan Mudah dan Simple

Problem Solving: Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Anda Dengan Mudah dan Simple

December 13, 2016 Off By admin

Problem Solving: Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Anda Dengan Mudah dan SimpleManusia tidak pernah lepas dari yang namanya masalah. Butuh berbagai macam cara mengatasi masalah untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Namun terkadang, tidak semua orang mampu memahami bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan baik. Bahkan banyak orang hanya menghindari masalah tersebut, alih-alih mencoba menenangkan diri dari suatu masalah.

Cara Mengatasi Masalah

Sebenarnya ada beberapa tahapan mudah yang bisa anda terapkan untuk membantu anda mengatasi masalah dan mencari alternatif pemecahan masalah. Berikut ini adalah beberapa tahap simple dan mudah yang bisa anda lakukan untuk memecahkan dan mengatasi masalah anda:

  1. Definisikan masalah yang anda alami

Penting bagi anda untuk mendefinisikan masalah yang anda alami. Seperti apa masalah anda, mengapa masalah tersebut bisa muncul, dan apa saja dampak yang bisa terjadi dari masalah tersebut. dengan mendefinisikan masalah, anda akan menjadi lebih mudah untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang tepat nantinya.

  1. Melihat penyebab dan dampak dari suatu masalah

Tahap berikutnya untuk memecahkan masalah yang bisa anda lakukan adalah mencari asal mula masalah tersebut muncul. bagaimana masalah tersebut bisa menyebabkan anda merasa terpuruk, sedih, atau depresi. Selain itu anda juga harus melihat seperti apa dampak dari masalah tersebut, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

  1. Carilah alternatif pemecahan masalah

Berikutnya, anda bisa mencari alternatif pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam melakukan tahapan ini. Anda harus mampu untuk mencari alternatif pemecahan masalah sebanyak-banyaknya yang bisa anda pikirkan dan bisa anda cari. Banyaknya pilihan alternatif pemecahan masalah akan membuka pikiran anda, bahwa semua masalah pasti ada solusinya. Anda bisa meminta bantuan teman, keluarga, konselor, ataupun psikolog untuk bisa membantu anda mencari alternatif pemecahan masalah

  1. Cari alternatif pemecahan masalah yang terbaik, dan paling mungkin untuk dilakukan

Berikutnya, anda harus bisa memutuskan, alternatif pemecahan masalah yang seperti apa yang bisa anda lakukan, yang paling mungkin dilakukan, dan memiliki efek samping atau dampak yang paling minimal.

  1. Gunakan alternatif lain apabila cara yang anda pilih tidak berhasil

Inilah gunanya memikirkan banyak alternatif pemecahan masalah. Apabila cara yang anda pilih tidak berhasil, anda sudah mempunyai rencana cadangan, yaitu pilihan alternatif pemecahan masalah yang sudah anda pikirkan pada tahap ketiga. Hal ini sangat berguna apabila rencana yang anda buat gagal dan kurang efektif.

Nah, itu adalah 5 tahap penting yang bisa anda lakukan apabila anda ingin memecahkan dan mengatasi masalah anda. ingat, masalah yang muncul pada diri anda harus bisa diselesaikan. Menunda masalah, atau menghindari masalah hanya akan membuat masalah baru bermunculan, meskipun anda merasa bahwa masalah anda sudah selesai. Semakin lama anda menunda, anda akan semakin terpuruk, dan masalah anda akan menjadi semakin besar. By: Eduardus Pambudi