Potensi Besar Dalam Pikiran Bawah SadarSigmund Freud salah satu bapak psikoanalisa pernah berkata dalam teorinya, Sebagian besar dari perilaku manusia didorong oleh beberapa motif motif yang tak disadari. Pikiran tersebut seperti gunung es yang mengapung di permukaan laut. Bagian atas gunung es yang nampak hanya 12% dari pikiran sadar. Sedangkan bagian yang tak nampak sebesar 88% merupakan pikiran bawah sadar.

Dari hasil penjelasan Sigmund freud tersebut, maka sangat jelaslah bahwa dalam pikiran sadar ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan juga kebiasaan, yang dapat menciptakan sebuah karakter dari seseorang.

Dalam hal ini, mirip seperti data yang berada dalam harddisk pada computer, yang menyimpan beragam informasi, hal tersebut yang sama dengan mekanisme dari kerja pikiran bawah sadar.

Baca juga artikel mengenal lebih dalam pikiran sadar dan bawah sadar

Oleh sebab itu, pikiran bawah sadar memiliki sifat long term memory atau memori jangka panjang, yang mana dapat di pastikan bahwa setiap ada kejadian ataupun hal-hal yang difikirkan dan dilakukan akan tersimpan dengan baik.

Fikiran bawah sadar memiliki sifat yang netral sehingga tak dapat membedakan antara hal yang imajinasi ataupn realitas. Pikiran bawah sadar juga tak dapat membedakan data positif maupun data yang bersifat negative. Semuanya sama sama tersimpan secara rapi dalam memori pikiran bawah sadar.

Apabila pikiran bawah sadar dapat membedakan mana itu informasi negative dan mana yang positif, maka setiap manusia tentu tak akan pernah memiliki suatu kenangan buruk di dalam kehidupannya.

Pikiran bawah sadar juga bekerja tanpa sepengetahuan daripada pikiran sadar, sehingga tak semua orang akan menyadari bahwasanya tiap saat pikiran bawah sadar ini akan merekam beragam kejadian yang ada di dalam hidupnya.

Jika kita mengamati beberapa penjelasan penjelasan di atas, maka kita dapat mengetahui bahwa, ternyata secara jelas kita untuk memilah setiap pikiran, ucapan, maupun tindakan, dan beberapa kebiasaan yang dilakukan, agar data data yang ada di dalam memori pikiran bawah sadar kita bersifat positif.

Karena tak dapat membedakan informasi yang bersifat negative dan yang positif sebagaimana juga dapat memberikan suatu efek yang kurang baik dalam kehdiupan manusia.

Contohnya saja, apabila seseorang sedang dalam momen kurang bersemangat lalu ia berkata pada dirinya sendiri “ayo bersemangat” maka seketika tubuhnya dapat bersemangat. Hal ini disebabkan oleh pikiran bawah sadar dapat merespon apapun yang anda akses saat ini. dengan kata “semangat” berfungsi menjadi pemicu memori masa lalu anda, sehingga pengalaman semangat yang dahulu pernah anda miliki dan rasakann akan bangkit kembai.

Secara umumnya, memori pikiran bawah sadar tersebut dapat mengakses kapanpun anda menginginkannya. Ibaratkan sebuah file di hardisk, asalkan anda tau nama filenya ataupun melakukan searching, mudah bagi anda untuk mengakses memeri tersebut kembali.

Dengan mekanisme saat anda mengingat dan menghadirkannya kembali sebuah kejadian, baik secara auditory, maupun visual, hingga perasaan (kinestetik). Asalkan apa yang anda ingat tesebut sama persis, maka memori tersebut dapat dimunculkan kembali.

Yang anda butuhkan hanyalah sebuah pemicu dalam menghadirkan memori tersebut, seperti warna, nama, wujud, rupa, lagu, suara, kejadian, kenangan, dan hal apapun yang berkaitan dengan kejadian bersangkutan.

Maka akan sangat luar biasanya, apabila anda mampu mengoptimalkan pikiran bawah sadar di dalam kehidupan sehari-hari. (Muhamad Fadhol Tamimy)