Pikiran Negatif, Apakah Ini Merupakan Suatu Gangguan Psikologi? Nama : Yulius
E-mail : cunxx@gmail.com
Judul : Klinis (Gangguan Psikologi)
Isi Konsultasi : Saya sering kali mengalami perasaan dimana ketika saya ingin mengatakan sesuatu atau melakukan sesuatu, perasaan saya sudah merasakan dan menebak terlebih dahulu apa yang akan orang lain pikirkan. Menurut saya ini sangat mengganggu, terutama dalam aspek pergaulan dan sosial. Ditambah sifat minder, saya merasa bahwa orang lain akan berpikir seperti ini kalau saya melakukan ini / mengatakan ini. Untuk lebih jelasnya misalnya ketika saya ingin berkenalan dengan orang baru, sebenarnya saya ingin sekali bisa berkenalan, tapi perasaan saya tersebut sudah lebih dahulu menebak, “kalau kamu dekatin dia, dia bisa aja merasa terusik, dia akan berpikiran kamu ingin memanfaatkannya, kamu akan terlihat aneh dimatanya, dll”. Ini hanya salah satu contoh. Apakah ini gangguan psikologi ?

Jawaban

Hai, Yulius, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat ya.

Mengenai hal yang ditanyakan oleh anda, hal ini belum dapat dipastikan merupakan gangguan psikologi atau bukan. Namun, hal yang pasti adalah anda memiliki kecenderungan kepribadian yang mudah merasa cemas dan mudah merasa takut. Pikiran menebak yang muncul pada diri anda tersebut bisa jadi merupakan suatu manifestasi dari rasa cemas yang anda miliki. Anda mungkin merasa takut atau cemas dengan lingkungan sosial baru (teman baru misalnya), sehingga kecemasan ini muncul dalam sikap anda yang sering menebak-nebak tersebut.

Gangguan Psikologi

Nah, munculnya sikap seperti ini bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya mungkin adalah trauma masa lalu, dimana mungkin anda pernah mengalami penolakan, sehingga sekarang anda menjadi cemas dan takut ditolak. Karena itu, untuk memastikan apakah anda memang memiliki kecenderungan kepribadian yang mudah cemas, atau mungkin mengalami gangguan kecemasan, butuh asesmen lebih lanjut, seperti misalnya:

  • Gejala atau simptom apa yang muncul? Misalnya keringat dingin, atau gemetar ketika akan berkenalan dengan orang lain
  • Menarik diri dari lingkungan sosial
  • Dan banyak simptom lainnya yang bisa diobservasi

Selain cemas, kemungkinan juga anda memiliki kecenderungan kepribadian yang sedikit paranoid. Anda merasa takut untuk memulai suatu hal baru, dan seringkali merasa bahwa nanti akan terjadi hal yang buruk pada anda apabila anda melakukan hal ini. Sama seperti kecemasan, semuanya mungkin saja bisa terjadi pada diri anda, dan disebabkan oleh berbagai macam sebab. Gangguan Psikologi

Nah, itu adalah sedikit gambaran yang bisa kami jawab. Apabila anda ingin lebih jelas dan detail mengenai situasi dan kondisi anda, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan konselor atau psikolog. Terima kasih. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia