Perubahan Mencari Dan Melamar Kerja Dari Masa Ke Masa

Perubahan Mencari Dan Melamar Kerja Dari Masa Ke Masa

Perubahan Mencari Dan Melamar Kerja Dari Masa Ke MasaMelamar kerja dari masa ke masa – Dari masa ke masa seseorang dalam mencari pekerjaan tak kunjung surutnya. Pekerjaan yang dilamar pun bervariasi dan yang terpenting dalam mencari pekerjaan adalah sebuah kebutuhan. Baik itu kebutuhan akan penghidupan maupun aktualisasi diri dan memaksimalkan potensi diri.

Dari masa ke masa pula tata cara dalam melamar pekerjaan maupun memasang lowongan kerja pun mulai menunjukan perubahan. Misalkan saja dahulu era 60-90an atau tepatnya di era generasi baby boomer dan generasi x, proses pemasangan lowongan kerja masih berbatas pada panflet maupun media masa.

Prosesi dari mulut ke mulut pun juga masih digunakan, sehingga mereka yang memiliki kedekatan dengan karyawan maupun pimpinan suatu perusahaan akan diuntungkan. Maka jangan heran apabila di masa ini kedekatan antar karyawan lebih kentara.

Kedekatan yang bisa jadi dianggap sebagai sebuah hal yang positif maupun negative seperti halnya nepotisme.

Di masa itu pula banyak para pelamar yang pada akhirnya harus membawa segepok surat lamaran kerja yang di taruh di banyak perusahaan. Baik itu perusahaan yang membutuhkan pekerja, maupun perusahaan yang memang sedang tidak membutuhkan tenaga pekerja tambahan.

Ketidak efisienan sangat terlihat di masa ini, lantaran pada akhirnya banyak berkas lamaran kerja yang harus ditumpuk ke dalam gudang dan memakan space tempat ruangan para HRD.

Melamar Kerja Era Generasi Y dan Millenial

Kemajuan zaman dengan berkembangnya internet membuat metode melamar kerja dan memasang lowongan kerja mulai semakin maju. Tak hanya itu saja, dengan memanfaatkan internet yang effisien para pemasang lowongan kerja tak perlu lagi repot-repot harus mengeluarkan biaya lebih guna memasang iklan lowongan kerja di media masa.

Tak hanya itu saja porsesi perekrutan pun semakin mudah dengan fasilitas pengiriman berkas lamaran melalui email, maupun aplikasi yang telah disediakan.

Sementara itu para pencari kerja pun tak lagi harus repot mencari pekerjaan dengan memborong Koran yang ujung-ujungnya hanya dijadikan bungkus makanan. Pemanfaatan search engine dengan mengetikkan keyword tertentu, maupun mengunjungi situs perusahaan yang diinginkan adalah kemudahan dan kepraktisan yang terlihat.

Namun kemajuan terkadang membawa sisi dua sisi yang tak semuanya menguntungkan. Dikatakan tak mengunntungkan lantaran membuat para HRD maupun rekruter di sebuah perusahaan harus bekerja keras melakukan sortir para kandidat yang mengirimkan email. Bahkan seorang rekruter di sebuah perusahaan tambang mengatakan bahwasanya dalam sehari ia menerima ribuan berkas di email dari para pencari kerja.

Strategi Menarik Simpati Para HRD

Di era kemajuan internet ini memang kemudahan informasi membawa pada persaingan yang semakin banyak dalam memalmar pekerjaan. Namun bagi mereka yang mampu memanfaatkan internet dengan baik tentu saja akan ada perbedaan dan keunggulan dibandingkan mereka yang tak paham.

Salah satu hal yang dapat anda manfaatkan adalah dengan melakukan branding diri agar mampu terlihat berbeda dari pada orang yang lainnya. Kecendrungan orang akan lebih mengingat seseorang yang memiliki perbedaan menonjol adalah kunci yang harus anda terapkan.

Anda bisa menonjolkan perbedaan yang sekaligus menjadi keahlian anda dengan membuat sebuah kontent maupun sebuah ulasan di media sosial maupun blog yang anda miliki. Misalnya saja seseorang yang hendak melamar sebagai seorang staf humas di sebuah perusahaan, maka cobalah untuk aktif dan rutin memposting beberapa tulisan yang menggambarkan anda ahli dalam menjelaskan beragam peristiwa.

Foto-foto anda saat sedang menjadi pembicara maupun mengikuti sebuah forum adalah nilai plus yang bisa anda lampirkan di media sosial nantinya. Dan masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk dapat menonjolkan kelebihan anda dalam meningkatkan personal branding anda.

Sharing-mu, Personal Branding-muDalam buku sharing mu personal branding mu yang saya tulis telah lengkap mengulas, bagaimana cara meningkatkan personal branding diri anda di media sosial untuk kesuksesan anda kedepan. Dalam buku tersebut telah saya bahas bagaimana metode posting foto maupun content apa saja yang bisa dibuat guna memperkuat personal branding. Anda bisa mendaptkan langsung di gramedia terdekat atau pada link berikut ini http://bit.ly/2u9t2ot

Semakin berkembangnya zaman tentu saja metode mencari dan melamar kerja akan terus menerus berubah. Namun hal tersebut kembali lagi pada diri anda bagaimana anda dapat meyakinkan para penyedia kerja hingga akhirnya andalah yang terpilih untuk mengisi lowongan yang ada. Semoga sukses untuk anda semua. By: Muhamad Fadhol Tamimy